Lowongan Magang Tour And Travel

Lowongan Magang Tour And Travel Untuk Semua Jurusan

Tour and Travel merupakan industri yang berkaitan dengan penyediaan layanan perjalanan dan wisata bagi para pelanggan. Bagi mahasiswa yang sedang menyelesaikan SKS magang, lowongan magang di Tour and Travel dapat menjadi kesempatan yang menarik untuk mendapatkan pengalaman di industri pariwisata dan memperluas pengetahuan serta keterampilan dalam bidang terkait.

 

Apa itu Tour And Travel?

Tour and Travel adalah industri yang bergerak di bidang penyediaan layanan perjalanan dan wisata. Industri ini mencakup berbagai aspek, termasuk perencanaan perjalanan, pengaturan akomodasi, transportasi, dan kegiatan wisata untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan para pelanggan. Perusahaan tour and travel berperan dalam mengorganisir dan mengkoordinasikan perjalanan yang menyenangkan dan berkesan bagi pelanggan mereka.

Kesempatan untuk magang di disini sangat kompetitif, menggunakan penerapan ujian seleksi yang ketat. Tidak seperti Volunoid yang memiliki pendekatan terbuka dalam penerimaan magang. Hanya satu pelamar yang sukses dari 900 yang mencoba, menunjukkan ketatnya proses seleksi di Tour And Travel.

Tapi, pasti Anda masih tergoda untuk mencoba keberuntungan dalam program magang di Tour And Travel ini, bukan? Artikel ini dirancang sebagai panduan langkah demi langkah untuk melamar magang di Tour And Travel. Jadi, tetaplah membaca nya!

Sebelum memutuskan untuk melamar, penting untuk meneliti dan mengetahui posisi magang yang biasa ditawarkan di Tour And Travel.

 

Posisi

Posisi Magang yang Tersedia di Tour And Travel

Berikut adalah lima posisi yang tersedia dalam lowongan magang di perusahaan tour and travel:

  • Tour Coordinator Intern: Bertanggung jawab dalam merencanakan dan mengatur rincian perjalanan, termasuk transportasi, akomodasi, dan kegiatan wisata.
  • Marketing and Sales Intern: Mendukung tim pemasaran dan penjualan dalam mempromosikan paket wisata, menjalin hubungan dengan mitra bisnis, dan mengelola reservasi pelanggan.
  • Customer Service Intern: Menangani pertanyaan dan keluhan pelanggan, memberikan informasi yang akurat mengenai paket wisata, dan memberikan pelayanan pelanggan yang baik.
  • Event Coordinator Intern: Terlibat dalam perencanaan dan pelaksanaan acara wisata, seperti perjalanan kelompok, konferensi, atau perayaan khusus.
  • Digital Marketing Intern: Mendukung tim pemasaran dalam mengelola media sosial, konten online, dan strategi digital untuk mempromosikan perusahaan dan paket wisata.

Persyaratan Mahasiswa agar Diterima Magang di Tour And Travel

Untuk dapat mengikuti program magang di perusahaan tour and travel, mahasiswa harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Mahasiswa aktif pada perguruan tinggi terakreditasi di Indonesia.
  • Sedang menyelesaikan program studi Sarjana atau Magister.
  • Memiliki minat dan pengetahuan yang relevan dengan industri pariwisata, manajemen perhotelan, manajemen event, atau bidang terkait lainnya.
  • Mampu berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
  • Memiliki kemampuan kerja dalam tim yang baik.
  • Memiliki keterampilan komunikasi, pelayanan pelanggan, dan negosiasi yang baik.

Kemampuan Personal yang perlu dimiliki untuk magang di Tour And Travel

Magang di industri pariwisata, khususnya di bidang Tour and Travel, membutuhkan sejumlah kemampuan personal selain kualifikasi pendidikan dan keterampilan khusus. Berikut beberapa kemampuan personal yang dapat menjadi pertimbangan untuk mahasiswa atau pelajar yang ingin magang di bidang tersebut:

  1. Kemampuan Komunikasi:
    • Mahasiswa perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik, baik lisan maupun tulisan. Dalam industri pariwisata, berkomunikasi dengan pelanggan, mitra bisnis, dan rekan kerja sangat penting.
  2. Keahlian Multitasking:
    • Dunia pariwisata seringkali dinamis dan penuh tantangan. Kemampuan untuk melakukan beberapa tugas sekaligus (multitasking) akan sangat berguna, terutama ketika menghadapi situasi yang berubah-ubah.
  3. Fleksibilitas dan Adaptabilitas:
    • Industri pariwisata dapat melibatkan perubahan rencana mendadak, perubahan cuaca, atau masalah lainnya. Mahasiswa yang dapat dengan cepat beradaptasi dan tetap tenang di bawah tekanan akan menjadi nilai tambah.
  4. Orientasi Pelayanan dan Keramahan:
    • Pemahaman tentang pelayanan pelanggan yang baik dan sikap keramahan sangat penting dalam industri pariwisata. Mahasiswa perlu menunjukkan sikap ramah, ramah tamah, dan keterampilan dalam menangani berbagai jenis orang.
  5. Kemampuan Memecahkan Masalah:
    • Situasi tak terduga dapat muncul dalam perjalanan wisata. Mahasiswa yang memiliki kemampuan memecahkan masalah dengan cepat dan efektif akan sangat dihargai.
  6. Kreativitas:
    • Kreativitas dapat berguna dalam mengembangkan ide-ide baru untuk perjalanan atau acara, atau bahkan dalam mempromosikan destinasi wisata secara inovatif.
  7. Pengetahuan tentang Destinasi Wisata:
    • Memiliki pengetahuan yang baik tentang destinasi wisata, budaya, dan sejarah dapat menjadi aset. Mahasiswa yang memiliki minat dan pengetahuan ini dapat memberikan informasi lebih baik kepada pelanggan.
  8. Kemampuan Bekerja Tim:
    • Bekerja dalam tim adalah bagian penting dari industri pariwisata. Kemampuan untuk berkolaborasi dengan rekan kerja, pemandu wisata, dan mitra bisnis adalah hal yang diperlukan.
  9. Kemampuan Berbahasa:
    • Mahasiswa yang memiliki kemampuan berbahasa lebih dari satu, terutama bahasa asing yang umum digunakan dalam industri pariwisata, akan memiliki keunggulan.
  10. Kesadaran terhadap Detail:
    • Perhatian terhadap detail penting dalam merencanakan perjalanan wisata. Kesalahan kecil dapat memiliki dampak besar, sehingga kemampuan untuk memperhatikan detail adalah keterampilan yang dihargai.

Penting untuk diingat bahwa sifat persyaratan ini dapat bervariasi tergantung pada jenis pekerjaan dan perusahaan Tour and Travel yang bersangkutan. Selain itu, semangat belajar dan keterbukaan terhadap pengalaman baru juga merupakan faktor kunci untuk sukses dalam magang di industri pariwisata.

Jurusan pendidikan yang sering diterima oleh Tour And Travel

Industri Tour and Travel memiliki beragam peluang magang untuk mahasiswa dari berbagai jurusan pendidikan. Meskipun tidak ada batasan khusus, beberapa jurusan pendidikan yang sering kali sesuai dan dicari oleh perusahaan Tour and Travel antara lain:

  1. Pariwisata dan Perhotelan:
    • Jurusan ini secara langsung terkait dengan industri pariwisata dan perhotelan, sehingga mahasiswa dari jurusan ini sudah memiliki pemahaman dasar tentang industri yang ingin mereka geluti.
  2. Manajemen Perhotelan:
    • Mahasiswa yang belajar manajemen perhotelan memiliki pemahaman tentang operasi hotel, manajemen layanan pelanggan, dan aspek manajemen bisnis lainnya yang dapat bermanfaat dalam industri Tour and Travel.
  3. Manajemen Bisnis:
    • Jurusan manajemen bisnis menyediakan pengetahuan umum tentang manajemen, keuangan, pemasaran, dan aspek bisnis lainnya yang dapat diterapkan dalam konteks industri pariwisata.
  4. Ekonomi:
    • Mahasiswa jurusan ekonomi mungkin memiliki keunggulan dalam memahami aspek ekonomi dan keuangan yang terlibat dalam operasi bisnis Tour and Travel.
  5. Komunikasi atau Public Relations:
    • Keterampilan komunikasi yang baik sangat penting dalam industri pariwisata. Mahasiswa dari jurusan komunikasi atau public relations dapat membawa keahlian ini ke dalam magang mereka.
  6. Teknik Informatika atau Sistem Informasi:
    • Dalam era digital, keberadaan platform online dan sistem reservasi menjadi sangat penting dalam industri pariwisata. Mahasiswa teknik informatika atau sistem informasi dapat membawa pemahaman teknologi yang diperlukan.
  7. Bahasa Asing atau Sastra:
    • Mahasiswa dengan latar belakang dalam bahasa asing atau sastra mungkin dibutuhkan untuk peran-peran yang melibatkan komunikasi dengan wisatawan internasional.
  8. Geografi atau Studi Area:
    • Pemahaman tentang geografi dan studi area dapat membantu dalam memberikan informasi yang akurat tentang destinasi wisata kepada pelanggan.
  9. Seni dan Desain:
    • Jurusan seni dan desain dapat terlibat dalam membuat materi pemasaran, promosi, dan desain visual untuk menarik perhatian pelanggan.
  10. Ilmu Sosial atau Antropologi:
    • Pemahaman tentang budaya dan masyarakat dapat bermanfaat dalam peran-peran yang melibatkan interaksi dengan berbagai kelompok manusia.

Program magang di Tour And Travel lebih sering menawarkan posisi kepada pelajar dari jurusan pendidikan tertentu. Sangat berbeda dengan perusahaan Volunoid kami, yang menerima hampir semua jurusan.

Apabila jurusan perkuliahan Anda tidak sesuai dengan posisi yang tersedia diatas, maka kecil kemungkinan untuk bisa diterima. Meskipun peluangnya kecil, ini tidak mengesampingkan kemungkinan sepenuhnya, jadi Anda masih bisa mencoba melamar.

Silahkan cermati baik-baik, posisi yang Tersedia diatas. Sesuaikan jurusan perkuliahan Anda dengan persyaratan posisi untuk melihat potensi Anda diterima di Tour And Travel.

 

Benefit

Manfaat yang Bisa Didapatkan dengan Magang di Tour And Travel

Magang di perusahaan tour and travel memberikan berbagai manfaat bagi mahasiswa, antara lain:

  • Pengalaman langsung dalam industri pariwisata dan perjalanan.
  • Kesempatan untuk belajar dari para profesional yang berpengalaman di bidang tour and travel.
  • Memperluas jaringan kontak di industri pariwisata dan perhotelan.
  • Memperoleh pemahaman yang mendalam tentang manajemen perjalanan, pemasaran, dan pelayanan pelanggan.
  • Meningkatkan keterampilan komunikasi, negosiasi, dan manajemen acara.

Keterampilan yang Bisa Didapatkan dengan Melakukan Magang di Tour And Travel

Melalui magang di perusahaan tour and travel, mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengembangkan berbagai keterampilan berharga, termasuk:

  • Keterampilan dalam merencanakan dan mengorganisir perjalanan, termasuk pengaturan transportasi dan akomodasi.
  • Kemampuan pemasaran dan penjualan dalam konteks industri pariwisata.
  • Keterampilan komunikasi yang baik untuk berinteraksi dengan pelanggan dan mitra bisnis.
  • Kemampuan dalam menangani keluhan dan memastikan kepuasan pelanggan.
  • Pemahaman tentang manajemen acara dan pelaksanaan perjalanan kelompok.

Melakukan magang di Tour And Travel juga berarti Anda akan menerima dokumen yang dibutuhkan untuk mengkreditkan pengalaman magang Anda di universitas atau sekolah Anda. Sebagai bagian dari dokumentasi, Anda akan menerima sertifikat, surat konfirmasi penyelesaian magang, dan formulir evaluasi.

Setelah menyelesaikan magang, Anda akan mendapatkan dokumen-dokumen ini biasanya dalam kurun 1 hingga 4 minggu. Sedangkan di Volunoid, proses penerimaan dokumen seperti ini jauh lebih cepat, biasanya hanya membutuhkan 1-2 hari setelah internship berakhir.

 

Cara Melamar Lowongan Magang Tour And Travel

Cara melamar magang di sini berbeda secara keseluruhan dari mendaftar magang di Volunoid. Mengajukan lamaran di sini biasanya memerlukan kedatangan langsung ke kantor perusahaan dan proses menunggu pemberitahuan nya bisa berlangsung beberapa bulan.

Tidak seperti di Volunoid, di mana proses pendaftaran magang hanya memakan waktu kurang dari 60 detik dan penerimaan nya bisa langsung (tanpa seleksi).

Berikut adalah langkah-langkah untuk melamar lowongan magang di perusahaan tour and travel:

Cara Umum (Paling Cepat)

  1. Cari informasi mengenai lowongan magang di perusahaan tour and travel melalui situs web resmi, platform karir, atau sumber informasi terpercaya.
  2. Baca dengan cermat persyaratan, kualifikasi, dan petunjuk yang tercantum dalam pengumuman lowongan.
  3. Siapkan CV, surat lamaran, dan dokumen pendukung lainnya yang diperlukan.
  4. Sesuaikan CV dan surat lamaran Anda dengan posisi yang dilamar, sertakan pengalaman, keterampilan, dan minat yang relevan.
  5. Kirimkan lamaran Anda melalui alamat email yang tercantum dalam pengumuman atau melalui portal online yang disediakan.
  6. Tunggu konfirmasi atau tindak lanjut dari perusahaan terkait status lamaran Anda.
  7. Jika diterima, ikuti petunjuk selanjutnya yang diberikan oleh perusahaan.

Mengirimkan Email Lamaran

Mengirimkan email lamaran untuk melamar magang di Tour and Travel memerlukan perhatian khusus agar pesan Anda mencerminkan profesionalisme dan minat Anda terhadap industri tersebut. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

  1. Judul Email yang Jelas:
    • Gunakan judul email yang mencerminkan niat Anda dengan jelas, misalnya “Lamaran Magang Pariwisata – [Nama Anda]”.
  2. Pesan Pembuka yang Profesional:
    • Mulai email dengan salam pembuka yang sopan, seperti “Halo [Nama Penerima] atau Bapak/Ibu [Nama Penerima],”
  3. Pengenalan Diri:
    • Sertakan paragraf pendek yang menjelaskan siapa Anda, jurusan Anda, dan tujuan Anda melamar magang di perusahaan tersebut.
  4. Motivasi dan Minat:
    • Jelaskan mengapa Anda tertarik untuk magang di perusahaan Tour and Travel tersebut. Bicarakan tentang minat Anda terhadap industri pariwisata dan bagaimana magang ini sesuai dengan tujuan karier Anda.
  5. Penekanan Pendidikan dan Keterampilan:
    • Sertakan informasi pendidikan Anda dan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan perusahaan. Jelaskan bagaimana latar belakang pendidikan Anda dapat memberikan kontribusi positif.
  6. Pengalaman Terkait:
    • Jika Anda memiliki pengalaman atau proyek terkait pariwisata atau perjalanan sebelumnya, sebutkan ini untuk memperkuat lamaran Anda.
  7. Keunggulan Pribadi:
    • Soroti beberapa kemampuan pribadi yang relevan, seperti kemampuan komunikasi yang baik, kemampuan bekerja dalam tim, atau kreativitas.
  8. Mengapa Anda Cocok:
    • Jelaskan mengapa Anda merasa cocok dengan perusahaan tersebut dan bagaimana kontribusi Anda dapat mendukung tujuan dan nilai perusahaan.
  9. Lampirkan Berkas Lamaran:
    • Sertakan berkas lamaran lengkap seperti CV, surat lamaran, dan portofolio jika diperlukan. Pastikan file-file tersebut memiliki nama yang jelas.
  10. Penutup yang Profesional:
    • Akhiri email dengan salam penutup yang sopan seperti “Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu [Nama Penerima], saya sangat berharap untuk dapat berkontribusi di [Nama Perusahaan].”
  11. Informasi Kontak:
    • Sertakan informasi kontak Anda, seperti nomor telepon dan alamat email, agar mudah dihubungi.
  12. Follow-Up:
    • Beri tahu bahwa Anda berharap untuk mendengar balasan dalam jangka waktu tertentu dan bahwa Anda bersedia untuk memberikan informasi tambahan jika dibutuhkan.

Pastikan untuk membaca kembali email Anda untuk memastikan tidak ada kesalahan tata bahasa atau ejaan sebelum mengirimkannya. Selain itu, pastikan alamat email penerima dan lampiran yang Anda kirimkan sudah benar. Keseluruhan, email lamaran Anda harus mencerminkan profesionalisme dan komitmen Anda terhadap magang di industri Tour and Travel.

Datang Langsung ke Kantor

Melamar langsung ke Tour and Travel adalah cara yang baik untuk menunjukkan keseriusan dan antusiasme Anda terhadap posisi magang yang Anda inginkan. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

  1. Riset Terlebih Dahulu:
    • Lakukan riset tentang perusahaan Tour and Travel tersebut sebelumnya. Ketahui lebih banyak tentang profil perusahaan, jenis layanan yang mereka tawarkan, dan nilai-nilai perusahaan.
  2. Persiapkan Dokumen Lamaran:
    • Siapkan salinan dokumen lamaran Anda, termasuk CV, surat lamaran, dan portofolio jika diperlukan. Pastikan dokumen-dokumen tersebut sudah disusun dengan rapi.
  3. Pilih Waktu yang Tepat:
    • Pilih waktu yang tepat untuk datang langsung. Hindari waktu sibuk seperti jam makan siang atau akhir pekan. Pilihlah waktu di mana staf penerimaan lamaran atau personel terkait tersedia.
  4. Pakaian yang Tepat:
    • Pilih pakaian yang sesuai dengan budaya perusahaan. Dalam konteks pariwisata, seringkali pakaian formal atau semi-formal cocok.
  5. Bawa Berkas Lamaran:
    • Bawa salinan dokumen lamaran Anda dan berikan kepada resepsionis atau staf yang bertanggung jawab. Pastikan untuk memberikan dokumen tersebut dalam map atau amplop yang bersih.
  6. Tunjukkan Kesopanan dan Antusiasme:
    • Saat bertemu staf perusahaan, berikan salam yang sopan dan tunjukkan antusiasme Anda. Jelaskan dengan singkat tujuan Anda datang dan maksud lamaran magang.
  7. Tanyakan Informasi Lebih Lanjut:
    • Jika memungkinkan, tanyakan kepada staf apakah ada prosedur khusus untuk penerimaan lamaran atau apakah ada dokumen tambahan yang perlu Anda lengkapi.
  8. Berikan Kontak yang Jelas:
    • Pastikan memberikan informasi kontak yang jelas agar perusahaan dapat menghubungi Anda. Hal ini mencakup nomor telepon dan alamat email yang aktif.
  9. Tanyakan Proses Selanjutnya:
    • Tanyakan kepada staf mengenai proses selanjutnya setelah Anda mengirimkan lamaran secara langsung. Pastikan Anda mengetahui langkah-langkah apa yang harus Anda lakukan selanjutnya.
  10. Sertakan Elevator Pitch:
    • Siapkan elevator pitch singkat tentang diri Anda, mengapa Anda tertarik untuk magang di perusahaan tersebut, dan apa yang membuat Anda unik.
  11. Jangan Lupakan Etika Bisnis:
    • Pastikan untuk selalu menjaga etika bisnis, termasuk sikap ramah dan profesionalisme. Ini memberikan kesan positif kepada perusahaan.
  12. Follow-Up:
    • Setelah melamar secara langsung, kirimkan email follow-up untuk mengungkapkan terima kasih atas waktu dan kesempatan yang diberikan. Ini juga dapat menegaskan minat Anda dalam magang tersebut.

Dalam banyak hal, mendaftar magang di sini serupa dengan mendaftar di Volunoid. Perbedaannya, kalian perlu membuat CV dahulu dan menyiapkan semua dokumen pendidikan (ijazah, KK, KTP, SIM, Akta kelahiran, piagam, sertifikat, dll).

Sedangkan di Volunoid, kalian hanya perlu mendaftar menggunakan email. Tanpa perlu melalui langkah-langkah administratif yang berbelit.

 

Informasi Penting

Tips Agar Diterima

Untuk meningkatkan peluang diterima dalam lowongan magang di perusahaan tour and travel, Anda dapat mengikuti tips berikut:

  • Tunjukkan minat yang kuat dalam industri pariwisata dan perjalanan.
  • Sertakan pengalaman atau proyek yang relevan, seperti pengorganisasian acara, pengelolaan media sosial, atau pengalaman dalam industri perhotelan.
  • Perluas pengetahuan tentang destinasi wisata populer, tren perjalanan, dan teknologi terkini dalam industri pariwisata.
  • Tampilkan kemampuan komunikasi, pelayanan pelanggan, dan kerja tim yang baik dalam dokumen lamaran Anda.
  • Jaga sikap positif dan bersemangat selama wawancara atau proses seleksi.

Alternatif Selain Magang di Tour And Travel

Meski magang di Tour And Travel menawarkan banyak keuntungan, ada opsi pendaftaran lain yang juga lebih berguna. Magang di Trakindo dan Travel Agent adalah jalan untuk memahami lebih jauh tentang berbagai peran di sektor Perusahaan Swasta.

Anda akan memiliki kesempatan untuk berhubungan langsung dengan para ahli di bidang tersebut dan memahami dunia kerja di ruang lingkup yang berbeda.

Pilihan Lowongan Magang di Perusahaan Swasta Lain

Anda mungkin saat ini memfokuskan pada magang di Tour And Travel, tapi perlu diingat bahwa mereka tidak selalu menawarkan kesempatan magang. Oleh karena itu, akan lebih bijak jika Anda juga mempertimbangkan Perusahaan Swasta lain sebagai alternatif.

Ingatlah bahwa Tour And Travel termasuk dalam kategori Perusahaan Swasta. Anda dapat mencari alternatif di Perusahaan Swasta lain nya jika Tour And Travel belum membuka magang. Cara nya silahkan mengunjungi halaman Lowongan Magang Perusahaan Swasta di website kami.

 

Gunakan Tes Simulasi Masuk ke Tour And Travel

Kami menyediakan solusi peningkatan peluang diterima, yang cocok bagi Anda yang berkeinginan bergabung dengan Tour And Travel.

Kami menyediakan tes simulasi khusus untuk Perusahaan Swasta sebagai alat persiapan yang dapat mengoptimalkan kemampuan dan wawasan Anda.

Tour And Travel, merupakan ragam dari Perusahaan Swasta, mereka menggunakan materi tes yang cukup sejalan dengan yang ada di Perusahaan Swasta.

Jangan sia-siakan kesempatan ini untuk meningkatkan kesiapan Anda.

Tekan tombol dibawah untuk memulai perjalanan baru menuju karier yang luar biasa di Tour And Travel.


 

Penutup

Selalu sisihkan waktu untuk berdoa setelah Anda mendaftar. Mengingat banyaknya peserta, persaingan menjadi lebih ketat.

Koneksi personal di dalam lembaga sering kali memberikan keuntungan kompetitif. Menanyakan kepada orang tua tentang kenalan mereka di tempat pendaftaran bisa menjadi langkah bijak.

Meskipun memiliki relasi di dalam, kepastian penerimaan Anda tetap tidak terjamin. Alternatif lainnya, kalian dapat mendaftar magang di Volunoid, yang tentu akan segera diterima.

Program magang di perusahaan tour and travel merupakan peluang yang menarik bagi mahasiswa yang tertarik dalam industri pariwisata dan perjalanan. Melalui magang ini, mahasiswa dapat memperoleh pengalaman praktis, mengembangkan keterampilan, dan memperluas jaringan kontak di industri pariwisata. Jika memenuhi persyaratan dan melamar dengan baik, kesempatan untuk terlibat dalam perusahaan tour and travel akan membuka pintu menuju karir yang menarik di bidang yang Anda minati. Manfaat dan keterampilan yang akan Anda peroleh melalui magang di tour and travel akan menjadi modal berharga dalam membangun karir di industri pariwisata.