Apakah ini magang sungguhan, dan bukan hanya mengerjakan kursus online di website saja?

Ya, ini adalah magang sungguhan yang melibatkan praktek langsung dalam aktivitas kerja. Program magang Volunoid ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan SKS perkuliahan dan sekolah, bukan hanya sekedar mengerjakan kursus di LMS. Baca testimonial kami untuk selengkapnya.

Kami memahami bahwa ada beberapa penyedia layanan yang memposting informasi tentang ‘magang online’, namun ketika seseorang mendaftar, mereka hanya diminta untuk mengerjakan kursus di dalam website saja sepanjang durasi magang. Menurut kami, itu bukanlah magang sungguhan, karena definisi magang adalah belajar secara nyata tentang dunia kerja -yang berarti harus mengerjakan aktivitas praktek langsung.

Hal tersebut juga telah membuat beberapa dosen pembimbing menjadi skeptis terhadap magang remote (WFH). Mereka mendapatkan laporan dari mahasiswa yang merasa terjebak karena lowongan magang yang mereka masuki ternyata tidak memberikan aktivitas kerja langsung.

Sekali lagi, kami tegaskan, ini adalah program magang yang sesungguhnya, dimana Anda nanti akan mendapatkan mentorship dan melakukan praktek kerja.

Perihal cara kerja magang di Volunoid, bisa kami jelaskan dalam beberapa tahap berikut:

  1. Peserta mendaftar melalui situs.
  2. Mengerjakan training.
  3. Nilai training keluar.
  4. Menerima permintaan dari perusahaan partner.
  5. Permintaan diteruskan ke HRD.
  6. Penempatan di perusahaan partner.
  7. Mengerjakan aktivitas sesuai dengan deskripsi kerja yang kami berikan.
  8. Selesai magang. Mendapatkan Sertifikat Magang, Surat Keterangan Selesai Magang, dan dokumen penting lain nya.

Untuk penjelasan yang lebih lengkap, silahkan buka: Workflow Pendaftaran Program Magang di Volunoid.

Cukup lakukan pendaftaran, lalu lakukan pengecekan ketersediaan departemen atau divisi yang kosong dengan mengisi formulir yang ada di “Langkah 1” (panduan melakukan nya ada di halaman pendaftaran tersebut).

Jika ada, Anda bisa dipastikan bisa diterima. Lanjutkan dengan mengisi Formulir Data Diri, yang ada di bagian “Langkah 2” (Gulir kursor kebawah untuk melihatnya, jika Anda menggunakan Smartphone).

Setelah itu, Anda akan mendapatkan dokumen penting seperti: Surat Keterangan diterima Magang, dll, yang kami kirimkan melalui email.

Di tahap ini, Anda sudah bisa memulai mengerjakan materi Training Persiapan.

Jika penjelasan ini masih kurang Anda mengerti, silahkan lihat lebih detail nya disini: Prosedur Lengkap Mendaftar Magang di Volunoid

Ya, ada. Kami akan memberikan sertifikat setelah Anda menyelesaikan magang.

Benar sekali. Program magang ini memang digunakan untuk menyelesaikan SKS magang di kampus atau sekolah. Lihat juga: Beberapa contoh dokumen yang pernah kami keluarkan.

Benar sekali. Tidak ada tes seleksi untuk mendaftar magang di Volunoid. Anda akan langsung diterima (jika terdapat departemen yang tersedia), dan bisa memulai magang segera.

Alasan kami bisa melakukan nya, karena kami menempatkan peserta dari kemampuan mereka, dan bukan dari kebutuhan perusahaan. Pelajari lebih lanjut: Workflow pendaftaran di Volounoid

Sayang sekali, tidak ada uang insentif disini. Program magang di perusahaan kami bukan untuk pencari kerja. Program magang ini dikhususkan untuk para mahasiswa/ siswa yang ingin menyelesaikan SKS dari universitas atau sekolah mereka, meskipun peserta yang sudah lulus juga boleh mendaftar guna meningkatkan skill.

Karena hal tersebut, kami menyebut orang- orang yang mendaftar sebagai Peserta Magang, dan Bukan Karyawan Magang.

Bagi Anda yang ingin magang dengan tujuan utama untuk mendapatkan insentif uang, kami sarankan untuk melamar kerja sebagai karyawan di perusahaan lain.

Magang secara remote merupakan pendekatan yang kami adopsi untuk mendukung program SPADA, dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Beberapa dosen mungkin belum mendapatkan informasi terbaru tentang perkembangan metode pendidikan di Indonesia. Kemungkinan dosen Anda termasuk salah satunya.

Langkah awal yang dapat Anda coba adalah memberikan penjelasan bahwa program magang online ini sejalan dengan inisiatif pemerintah.

Selanjutnya, coba paparkan manfaat dan keuntungan dari magang secara remote, serta bagaimana perusahaan Volunoid ini telah menerima ribuan peserta dari ratusan universitas besar di Indonesia dan juga dari universitas luar negeri.

Namun, jika dosen pembimbing Anda tetap pada pendiriannya dan beranggapan bahwa magang seharusnya dilakukan dengan hadir secara fisik di tempat kerja, Anda harus menghormati dan mengikuti keputusannya.

Pendaftaran magang terlalu sederhana. Apakah ini jalur yang tepat?.

Ya, Anda tidak salah. Kami telah membagi beberapa administrasi secara terpisah, untuk kemudahan pendaftaran. Proses ini memang kami buat sesederhana mungkin.

Ketika akhir sesi training nanti, Anda perlu mengirimkan lampiran yang kami butuhkan untuk proses verifikasi (kartu identitas, foto diri, dan lain nya).

Dengan pengalaman menerima anak magang dari tahun 2017, kami telah mengatur semuanya guna menghindarkan peserta dari administrasi yang berbeli- belit.

Terkadang, beberapa instansi pendidikan (universitas atau sekolah) memang meminta informasi kontak penanggungjawab atau pembimbing lapangan, ketika proses pengajuan tempat magang. Jika hal ini terjadi, berikan informasi CP berikut:

  • Nama: Andreas Setiawan
  • Jabatan: HR Manager
  • Kontak (WhatsApp dan Email): Gunakan informasi kontak yang ada di halaman Kontak Kami.

Jika Anda membutuhkan penjelasan lebih lanjut, mohon buka halaman: Contact Person Koordinator atau Mentor

Secara umum, kami menerima berbagai jurusan pendidikan. Diantaranya: Teknik informatika, marketing, bisnis digital, manajemen, dan masih banyak lagi. Pelajari selengkapnya: Jurusan yang Diterima dan Tidak Bisa Diterima

Pastinya, untuk jurusan seperti pelayaran, kehutanan, teknik nuklir, dan semua jurusan yang tidak bisa melakukan magang secara online, tidak bisa kami terima.

Hampir sama dengan pengiriman proposal magang, Surat Pengantar Magang bisa dikirimkan nanti pada Formulir Administrasi Final, yang bisa Anda temukan setelah hampir menyelesaikan sesi training.

Kolom pengiriman Surat Pengantar Magang - FAQ

Dari pengalaman kami, instansi pendidikan besar seperti Universitas Diponegoro, UI, UGM, biasanya meminta mahasiswa nya untuk membuat proposal magang sebelum mengajukan diri ke perusahaan tempat dia akan mendaftar magang.

Proposal magang ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada pihak perusahaan, atas rencana dan tindakan apa yang akan dilakukan oleh mahasiswa tersebut saat magang nanti.

Jika Anda memiliki proposal magang, Anda bisa mengirimkan nya nanti pada Formulir Administrasi Final, yang bisa Anda temukan setelah hampir menyelesaikan sesi training.

Formulir Data Diri Lanjutan Kolom Lain lain - FAQ

Apakah Magang bisa dilakukan Sambil Kuliah?

Sayang sekali, tidak bisa. Jika Anda sedang aktif kuliah, kami sarankan Anda tidak mengikuti program magang Volunoid ini. 

Dari pengalaman kami, meskipun banyak peserta yang optimis bisa membagi waktu antara kuliah dan magang, namun pada kenyataannya sering terjadi bentrok jadwal.

Hal ini membuat peserta kesulitan dalam memenuhi tanggung jawab baik di perkuliahan maupun dalam magang. Jika Anda tetap ingin magang sambil kuliah, kami menyarankan Anda untuk mengambil pendaftaran magang melalui jalur Proyek Mandiri.

Deskripsi kerja magang di Volunoid ditentukan berdasarkan beberapa faktor penting. Faktor-faktor penentu pemberian deskripsi kerja tersebut meliputi kesesuaian dengan jurusan pendidikan peserta, ketersediaan tugas, dan kemampuan individu.

Sebagai contoh, jika Anda dari jurusan Teknik Informatika, tugas Anda mungkin meliputi membuat dan menguji program, membantu dalam pengembangan perangkat lunak, pengembangan web, serta memberikan dukungan teknis.

Untuk mendapat penjelasan yang lebih lengkap, silahkan kunjungi: Penjelasan Sekilas Tentang Deskripsi Kerja Magang.

Jika ada dosen pembimbing Anda yang menanyakan mengenai deskripsi kerja yang apa akan Anda lakukan nanti ketika magang di perusahaan kami, silahkan jawab dengan melihat panduan kami berikut: Menjawab Pertanyaan Dosen Pembimbing Atas Deskripsi Kerja yang Akan Didapatkan

Ada ratusan jurusan pendidikan di Indonesia ini, dan setiap jurusan bisa memiliki puluhan deskripsi kerja. Terlalu banyak jika kami harus menuliskan semua.

Namun, jika Anda ingin melihat beberapa contoh nya, silahkan buka: Contoh Deskripsi Kerja Magang atau lihat halaman deskripsi kerja di halaman lowongan magang di semua jurusan pendidikan.

Kemungkinan besar “Iya, bisa”. Namun kami tidak menjamin nya. Karena hal ini tergantung banyak faktor seperti: jenis tugas yang diberikan, kecakapan setiap anggota kelompok, dan lain sebagainya.

Kami sudah memahami masalah ini cukup lama, dan telah memberikan solusi lebih baik atas hal ini. Silahkan baca selengkapnya disini: Magang Secara Berkelompok

Anda tetap bisa mengikuti magang, jika Anda mengambil kuliah malam. Ketentuan dari kami adalah, Anda harus bisa mengerjakan aktivitas magang dengan performa baik di waktu jam kerja.

Namun, kami tidak menganjurkan hal ini. Meskipun calon peserta mengikuti kuliah malam, dan aktivitas magang dilakukan di waktu yang berseberangan, namun pada akhirnya, hal ini -dari pengalaman kami- akan menimbulkan bentrok jadwal.

Tenaga yang tersisa untuk melakukan aktivitas magang, pada akhirnya pun akan berkurang ketika malam hari. Kuliah malam akan menjadi terganggu, atau aktivitas magang di hari selanjutnya pun akan terganggu.

Saran kami, silahkan mendaftar magang di Jalur Mandiri. Sehingga, Anda bisa terbebas dengan semua aktivitas magang, dan tetap akan mendapatkan dokumen yang dibutuhkan untuk menyelesaikan SKS magang Anda.

Di departemen atau divisi mana saya akan ditempatkan nanti?

Penempatan nanti akan ditentukan oleh kemampuan peserta dan beberapa faktor lain, dimana hal ini hanya dapat diketahui setelah peserta menyelesaikan training.

Jika Anda membutuhkan informasi penempatan ini hanya untuk keperluan administrasi sekolah atau universitas tatkala proses pengajuan tempat magang, silahkan lihat FAQ di bagian lain.

Kadang beberapa universitas atau sekolah memang mewajibkan anak didik nya memberikan informasi departemen atau divisi yang akan ditempati guna keperluan administrasi, seperti pembuatan Surat Pengantar Magang.

Namun disisi lain, penempatan peserta magang di Volunoid ini, akan ditentukan berdasarkan kemampuan dan beberapa faktor lain, yang hanya bisa diketahui setelah peserta menyelesaikan training.

Namun, untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengatakan kepada dosen atau guru pembimbing Anda, bahwa Anda ditempatkan ke divisi Operasional, dengan jabatan sebagai Asisten Staf. Pelajari selengkapnya: Pilihan Departemen yang Akan Ditempati

Kami tidak menjamin hal ini, namun akan mempertimbangkan permintaan tersebut. Penempatan peserta akan ditentukan berdasarkan kemampuan dan beberapa faktor lain, bukan berdasarkan permintaan peserta. Tindakan ini juga untuk kelancaran aktivitas magang mereka juga.

Sebagai contoh, departemen “Continous Improvement” memiliki persyaratan kemampuan cukup tinggi untuk bisa masuk kesana. Bagi peserta dengan kemampuan kurang yang ingin masuk kesana, hal ini tentu sulit kami setujui.

Akan tetapi, bagi peserta berkemampuan tinggi, dimana mereka seharusnya ditempatkan ke divisi internal (dengan tingkat tugas yang tinggi pula), namun mereka ingin ditempatkan di divisi reguler (dengan tingkat tugas yang mudah), hal ini mungkin bisa kami setujui.

Penempatan akan dilakukan setelah peserta menyelesaikan masa training. Waktu training yang dibutuhkan adalah sekitar 1- 2 minggu.

Berapa Lama Durasi Magang di Volunoid?​

Durasi magang ini Anda sendiri yang menentukan. Anda bisa mengambil durasi selama 2 bulan, 3 bulan, 6 bulan, bahkan 12 bulan (berlaku dengan kelipatan 1 bulan saja).

Sayang nya, Anda tidak bisa mengambil durasi seperti 1,5 (satu setengah) bulan, atau durasi lain yang tidak memiliki kelipatan 1 bulan.

Sayang sekali, tidak bisa. Durasi magang akan di hitung dalam kelipatan 1 (satu) bulan.

Jika kasus nya seperti ini, maka Anda bisa mengambil magang selama 2 bulan. Kebanyakan Universitas/ sekolah tidak mempermasalahkan jika durasi magang lebih lama.

Tapi, jangan mengambil magang selama 1 bulan. Karena ini bisa berujung pada masalah administrasi ketika selesai magang.

Pemilihan durasi magang ini tidak berhubungan dengan durasi yang ditentukan oleh sekolah/ universitas Anda. Tetapi berdasarkan pilihan yang Anda ambil sendiri.

Kami yakin Anda sudah bisa mengambil pilihan yang tepat. Jika Instansi Anda menetapkan durasi magang selama 2 bulan atau 1,5 bulan, maka Anda tidak seharus nya memilih durasi magang selama 1 bulan disini.

DESKRIPSI PERTANYAAN:

Universitas/ sekolah saya mewajibkan magang selama 1,5 bulan, dan saya memilih durasi magang di Volunoid selama 2 bulan. Ketika sudah menyelesaikan magang selama 1,5 bulan, saya harus kembali masuk sekolah/ kuliah. Sehingga saya tidak bisa mengikuti aktivitas magang disini.

JAWABAN:

Peserta yang tidak melanjutkan aktivitas magang akan tetap dianggap mangkir sesuai ketentuan. Solusi alternatif yang bisa diambil adalah beralih ke jalur pendaftaran Proyek Mandiri. Disana, Anda akan mendapatkan keringanan terkait durasi magang.

DESKRIPSI PERTANYAAN:

Universitas/ Sekolah saya mewajibkan magang selama 1,5 bulan, tetapi magang yang saya lakukan selama 2 bulan, apakah durasi magang yang tertera di dokumen selesai magang nanti bisa ditulis selama 1,5 bulan saja (agar sesuai dengan ketentuan dari Instansi saya).

JAWABAN:

Sayang sekali tidak bisa. Kami tetap harus menuliskan durasi magang Anda selama 2 bulan. Karena dokumen keluaran perusahaan di dasarkan pada data aktual. Bukan berdasarkan permintaan.

Namun, seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, kebanyakan dosen atau pihak kampus Anda, tidak mempermasalahkan jika durasi magang lebih lama.