You are currently viewing Lowongan Magang Computational Biology Tanpa Seleksi

Lowongan Magang Computational Biology Tanpa Seleksi

Perusahaan Volunoid kami saat ini membuka Lowongan Magang Computational Biology untuk mahasiswa/ pelajar di seluruh Indonesia, yang bisa dikerjakan secara remote. Baca panduan pendaftaran nya dibawah ini.

 

Tentang Lowongan Magang Computational Biology ini

Informasi Pendahuluan

Selamat datang di Volunoid! Kami perusahaan yang berdedikasi dalam mengembangkan solusi inovatif berbasis komputasi untuk memahami dan memecahkan tantangan dalam biologi. Saat ini, kami sangat antusias untuk mengumumkan pembukaan lowongan magang jurusan Computational Biology, yang ditujukan bagi mahasiswa dan pelajar yang bersemangat dan berbakat dalam bidang ini.

Seiring dengan kemajuan teknologi dan perkembangan ilmu biologi, integrasi antara komputasi dan biologi semakin menjadi kebutuhan yang mendesak. Di Volunoid, kami memahami bahwa data besar dan analisis komputasional menjadi kunci dalam mengurai kompleksitas biologi, menganalisis pola dan tren, serta menghasilkan penemuan penting dalam bidang ini.

Sebagai magang di Volunoid, Anda akan mendapatkan kesempatan unik untuk bekerja di lingkungan yang kreatif dan kolaboratif, bekerja bersama tim ahli yang terdiri dari ilmuwan komputasi dan biologi terkemuka. Anda akan terlibat dalam proyek-proyek menarik yang berfokus pada analisis data biologis, pengembangan algoritma dan model, serta integrasi teknologi baru untuk mempercepat penemuan di bidang biologi.

Kami mencari kandidat yang memiliki latar belakang pendidikan dalam bidang Computational Biology, atau bidang terkait seperti Bioinformatika, Biologi Komputasional, atau Ilmu Komputer dengan pengetahuan yang kuat dalam biologi. Kami juga menghargai keterampilan pemrograman, kemampuan analisis data, dan ketertarikan dalam bidang-bidang seperti genetika, genomika, biologi molekuler, atau sistem biologi.

Magang ini akan memberi Anda kesempatan berharga untuk mengasah keterampilan Anda, berinteraksi dengan para profesional berpengalaman, dan terlibat dalam riset dan pengembangan di dunia Computational Biology. Kami yakin pengalaman ini akan melengkapi pendidikan akademik Anda dan membantu mempersiapkan Anda untuk karir yang sukses di bidang yang berkembang pesat ini.

Penempatan

Kami ingin memastikan bahwa peserta magang kami mendapatkan pengalaman yang berharga dan relevan dalam bidang Computational Biology. Oleh karena itu, kami menempatkan peserta magang di beberapa departemen terkait di dalam perusahaan kami atau di perusahaan mitra yang bekerja sama dengan kami. Penempatan ini akan ditentukan oleh kebutuhan proyek dan bidang minat peserta magang.

Berikut adalah beberapa departemen di perusahaan kami dan mitra kerja kami yang mungkin menjadi tempat penempatan peserta magang:

  1. Tim Riset dan Pengembangan: Peserta magang dapat ditempatkan di tim riset dan pengembangan kami, di mana mereka akan terlibat dalam penelitian dan pengembangan solusi komputasional untuk menganalisis data biologis. Mereka akan bekerja dengan ilmuwan komputasi dan biologi yang berpengalaman dalam mengembangkan algoritma, model, dan metode analisis.
  2. Tim Bioinformatika: Departemen bioinformatika kami fokus pada pengembangan alat dan metode untuk menganalisis dan menginterpretasi data biologis. Peserta magang dapat terlibat dalam pemrosesan data, pengembangan perangkat lunak bioinformatika, dan peningkatan algoritma analisis.
  3. Tim Genomika: Di departemen genomika, peserta magang akan terlibat dalam analisis data genomik, pemodelan genetik, dan penelitian tentang variasi genetik. Mereka akan menggunakan teknik dan alat komputasional untuk memahami peran genom dalam kesehatan, penyakit, dan evolusi.
  4. Tim Biologi Molekuler: Peserta magang dapat ditempatkan di departemen biologi molekuler kami, di mana mereka akan membantu dalam analisis data eksperimental, pemodelan struktur protein, atau pengembangan algoritma untuk memahami interaksi molekuler.
  5. Tim Sistem Biologi: Departemen sistem biologi kami memfokuskan pada pemahaman komputasional tentang interaksi dan regulasi dalam sistem biologis yang kompleks. Peserta magang dapat terlibat dalam analisis jaringan biologis, simulasi dinamika sistem biologis, atau pemodelan sistem biologi.

Harap dicatat bahwa penempatan peserta magang akan tergantung pada kualifikasi, minat, dan ketersediaan proyek. Kami berusaha untuk memastikan bahwa peserta magang kami mendapatkan pengalaman yang berharga dan relevan dalam lingkungan yang mendukung dan kolaboratif.

Benefit

Ada sejumlah manfaat yang dapat diperoleh peserta magang yang mendaftar di lowongan magang jurusan Computational Biology di Volunoid. Berikut adalah beberapa benefit yang mereka dapatkan:

  1. Pengalaman Praktis: Magang di Volunoid memberikan kesempatan untuk memperoleh pengalaman praktis dalam bidang Computational Biology. Peserta magang akan terlibat langsung dalam proyek-proyek yang relevan, menggunakan alat dan teknik komputasi terkini untuk menganalisis data biologis. Mereka akan mengembangkan keterampilan teknis dan memperdalam pemahaman mereka tentang aplikasi komputasi dalam biologi.
  2. Pembelajaran Kolaboratif: Peserta magang akan bekerja dalam tim yang terdiri dari ahli komputasi dan biologi terkemuka. Mereka akan belajar dari para profesional berpengalaman, berbagi pengetahuan, dan terlibat dalam diskusi yang memperluas wawasan mereka. Ini merupakan kesempatan berharga untuk belajar melalui kolaborasi dan mendapatkan pemahaman yang lebih luas tentang bidang Computational Biology.
  3. Pengembangan Keterampilan: Magang di Volunoid membantu peserta magang untuk mengembangkan berbagai keterampilan yang relevan dengan Computational Biology. Ini termasuk keterampilan pemrograman, analisis data, pemodelan matematika, pemahaman tentang metode dan algoritma komputasi, serta kemampuan dalam menggunakan perangkat lunak dan alat bioinformatika. Keterampilan ini sangat berharga dan dapat menjadi aset yang kuat dalam karir di bidang ini.
  4. Jaringan Profesional: Melalui magang di Volunoid, peserta magang akan berinteraksi dengan profesional dan akademisi terkemuka di bidang Computational Biology. Ini memberikan kesempatan untuk memperluas jaringan profesional mereka dan membangun hubungan yang berharga untuk masa depan. Mereka dapat menjalin kontak dengan para mentor, kolega, dan pakar dalam industri ini, yang dapat memberikan wawasan, rekomendasi, dan peluang karir di masa mendatang.
  5. Peningkatan Karir: Pengalaman magang di Volunoid akan memberikan peserta magang keunggulan dalam mencari pekerjaan atau melanjutkan pendidikan di bidang Computational Biology. Ini mencerminkan komitmen mereka terhadap pengembangan diri dan minat mereka dalam menggabungkan komputasi dan biologi. Pengalaman magang ini akan menjadi aset yang bernilai dalam CV mereka, menunjukkan pemahaman praktis tentang bidang ini dan keterampilan yang relevan.
  6. Dampak Positif: Peserta magang akan berkontribusi pada riset dan pengembangan yang bertujuan untuk memecahkan tantangan di bidang biologi melalui pendekatan komputasional. Dalam prosesnya, mereka akan merasa terlibat dalam menciptakan dampak positif dalam penelitian ilmiah dan kemajuan di bidang kesehatan, lingkungan, dan inovasi bioteknologi.

Dengan berpartisipasi dalam magang di Volunoid, peserta magang memiliki kesempatan untuk mengembangkan diri, memperluas pengetahuan dan keterampilan, serta mempersiapkan diri untuk karir yang sukses dalam Computational Biology.

 

Kualifikasi

Umum (Wajib)

  1. Teliti.
  2. Disiplin.
  3. Bisa melakukan aktivitas secara online.
  4. Bisa berkomunikasi dengan baik dan lancar.
  5. Mampu bekerjasama dengan tim.

Khusus (Tidak Wajib)

Anda tidak perlu memiliki kualifikasi khusus ini, untuk mendaftar magang di perusahaan kami. Namun, jika ada, ini merupakan nilai tambah untuk Anda.

  1. Latar Belakang Pendidikan: Kandidat diharapkan memiliki latar belakang pendidikan atau sedang menjalani program studi dalam bidang Computational Biology, Bioinformatika, Biologi Komputasional, atau bidang terkait yang relevan. Pengetahuan yang kuat dalam biologi juga diharapkan, karena pemahaman tentang prinsip-prinsip biologi penting dalam menghubungkan komputasi dengan ilmu biologi.
  2. Kemampuan Pemrograman: Kandidat diharapkan memiliki keterampilan pemrograman yang solid, terutama dalam bahasa pemrograman seperti Python, R, atau Java. Kemampuan untuk memahami, mengelola, dan menganalisis data menggunakan perangkat lunak bioinformatika atau alat analisis komputasional lainnya juga sangat dihargai.
  3. Pengetahuan Analisis Data: Kandidat harus memiliki pemahaman tentang metode dan teknik analisis data, termasuk statistik, pemrosesan data, dan visualisasi data. Keterampilan dalam penggunaan alat dan perangkat lunak analisis data seperti Pandas, NumPy, atau MATLAB akan menjadi nilai tambah.
  4. Minat dalam Biologi: Kandidat harus memiliki minat yang kuat dalam bidang biologi dan memahami bagaimana komputasi dapat digunakan untuk memecahkan masalah biologis. Pengetahuan atau ketertarikan dalam bidang seperti genetika, genomika, biologi molekuler, atau sistem biologi akan sangat dihargai.
  5. Kemampuan Analitis: Kandidat harus memiliki kemampuan analitis yang baik dan dapat berpikir secara kritis. Mampu merumuskan pertanyaan penelitian yang relevan, menganalisis data dengan hati-hati, dan menginterpretasikan hasil secara tepat sangat penting dalam Computational Biology.
  6. Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi: Kandidat diharapkan memiliki keterampilan komunikasi yang baik, baik secara lisan maupun tulisan. Kemampuan untuk bekerja dalam tim, berbagi ide, dan berkolaborasi dengan para ahli dalam berbagai disiplin ilmu adalah keunggulan tambahan.

 

Posisi yang tersedia

Computational Biologist

Posisi Computational Biologist di Volunoid melibatkan penerapan pendekatan komputasional untuk memahami dan menganalisis data biologis. Seorang Computational Biologist bekerja dengan algoritma, model matematika, dan perangkat lunak khusus untuk mengurai kompleksitas biologi, mengidentifikasi pola, dan menghasilkan wawasan penting dalam bidang ini.

Mereka menggabungkan pengetahuan tentang biologi dengan keahlian dalam komputasi untuk memberikan kontribusi pada penelitian, pengembangan perangkat lunak, dan inovasi di dunia Computational Biology.

Deskripsi kerja

Seorang Computational Biologist di Volunoid akan terlibat dalam berbagai tugas dan proyek yang berfokus pada analisis data biologis, pengembangan model dan algoritma komputasional, serta pemecahan masalah menggunakan pendekatan komputasi. Mereka akan berkolaborasi dengan tim multidisiplin yang terdiri dari ilmuwan komputasi, biologi, dan ahli lainnya untuk mencapai tujuan penelitian dan pengembangan.

Tugas

  1. Analisis Data: Seorang Computational Biologist akan menganalisis data biologis menggunakan metode statistik, pemodelan matematika, dan algoritma komputasional. Mereka akan mengidentifikasi pola, tren, dan hubungan dalam data untuk mengungkap informasi penting.
  2. Pengembangan Algoritma: Seorang Computational Biologist akan mengembangkan algoritma komputasional dan model matematika untuk memahami dan memprediksi fenomena biologis. Ini melibatkan perancangan dan implementasi algoritma yang efisien dan akurat.
  3. Pemrograman: Seorang Computational Biologist akan menggunakan bahasa pemrograman seperti Python, R, atau Java untuk mengembangkan perangkat lunak dan skrip yang digunakan dalam analisis data dan pemodelan komputasional.
  4. Kolaborasi Tim: Seorang Computational Biologist akan berkolaborasi dengan tim ilmuwan dan ahli komputasi lainnya dalam proyek-proyek penelitian dan pengembangan. Mereka akan berbagi pengetahuan, ide, dan hasil penelitian untuk mencapai tujuan bersama.
  5. Penyajian dan Laporan: Seorang Computational Biologist akan menyajikan temuan dan hasil analisis dalam bentuk laporan, presentasi, atau publikasi ilmiah. Mereka akan berkomunikasi secara efektif tentang hasil penelitian kepada rekan tim, pemangku kepentingan, atau masyarakat ilmiah.

Tanggung jawab

  • Memahami Tantangan Biologi: Seorang Computational Biologist memiliki tanggung jawab untuk memahami pertanyaan penelitian dan tantangan dalam bidang biologi yang ingin dipecahkan menggunakan pendekatan komputasional.
  • Mengembangkan Solusi Komputasional: Seorang Computational Biologist bertanggung jawab untuk mengembangkan solusi komputasional yang inovatif dan efektif untuk menganalisis data biologis dan menghasilkan wawasan baruyang berguna.
  • Melaksanakan Analisis Data: Seorang Computational Biologist bertanggung jawab untuk melaksanakan analisis data dengan menggunakan algoritma, metode statistik, dan teknik komputasi yang relevan. Mereka harus memastikan integritas dan validitas analisis yang dilakukan.
  • Membangun Model dan Algoritma: Seorang Computational Biologist memiliki tanggung jawab untuk membangun model matematika dan algoritma komputasional yang sesuai untuk memecahkan masalah biologis yang kompleks. Mereka harus memastikan model dan algoritma tersebut valid, efisien, dan dapat diuji.
  • Kolaborasi Tim: Seorang Computational Biologist harus mampu bekerja secara efektif dalam tim multidisiplin, berkomunikasi dengan jelas, dan berbagi pengetahuan serta hasil penelitian dengan anggota tim lainnya. Mereka juga harus dapat berkolaborasi dengan ahli domain lainnya, seperti ilmuwan biologi, statistikawan, atau ilmuwan data.
  • Membuat Laporan dan Presentasi: Seorang Computational Biologist harus dapat menyajikan hasil analisis dan temuan secara jelas dan terstruktur melalui laporan tertulis, presentasi, atau publikasi ilmiah. Mereka harus mampu mengkomunikasikan informasi kompleks dengan gaya yang dapat dimengerti oleh pemangku kepentingan yang berbeda.
  • Mengikuti Etika dan Standar: Seorang Computational Biologist harus mematuhi etika penelitian dan menggunakan metodologi yang tepat serta memastikan kerahasiaan dan keamanan data yang diolah. Mereka juga harus mengikuti standar dan pedoman industri dalam pengembangan perangkat lunak dan analisis data.

Bioinformatics Scientist

Posisi Bioinformatics Scientist di Volunoid melibatkan penggunaan komputasi dan analisis data untuk memahami informasi genetik dan genomik. Seorang Bioinformatics Scientist bertanggung jawab untuk mengintegrasikan data biologis dengan alat bioinformatika, mengembangkan perangkat lunak dan algoritma, serta menghasilkan wawasan biologis yang penting. Mereka berperan dalam mengurai kompleksitas data biologis untuk mengidentifikasi pola, hubungan, dan penemuan baru dalam genom dan aspek terkait.

Deskripsi kerja

Seorang Bioinformatics Scientist di Volunoid akan terlibat dalam berbagai tugas dan proyek yang berfokus pada analisis data genomik, pengembangan perangkat lunak bioinformatika, dan penelitian di bidang bioinformatika. Mereka akan menggunakan algoritma, perangkat lunak, dan metode komputasional untuk memecahkan masalah dan menghasilkan wawasan dalam genetika dan genomika.

Tugas

  1. Analisis Data Genomik: Seorang Bioinformatics Scientist akan menganalisis data genomik menggunakan algoritma dan perangkat lunak bioinformatika. Mereka akan memproses dan menginterpretasi data genomik untuk mengidentifikasi pola, variasi genetik, dan hubungan dalam genom.
  2. Pengembangan Perangkat Lunak Bioinformatika: Seorang Bioinformatics Scientist akan terlibat dalam pengembangan perangkat lunak bioinformatika, termasuk alat analisis data genomik, perangkat lunak prediksi struktur protein, atau platform analisis ekspresi gen. Mereka akan merancang, mengimplementasikan, dan menguji perangkat lunak yang mendukung analisis dan interpretasi data biologis.
  3. Pemodelan dan Simulasi: Seorang Bioinformatics Scientist dapat terlibat dalam pemodelan dan simulasi biologis menggunakan metode komputasional. Ini melibatkan pengembangan model matematika, simulasi dinamika sistem biologis, atau pemodelan interaksi protein.
  4. Penelitian dan Inovasi: Seorang Bioinformatics Scientist akan terlibat dalam penelitian dan inovasi di bidang bioinformatika. Mereka akan menjelajahi metode baru, teknik analisis, dan pendekatan komputasional untuk memecahkan tantangan dalam genomika dan bidang terkait.

Tanggung jawab

  • Analisis Data dan Interpretasi: Seorang Bioinformatics Scientist bertanggung jawab untuk melakukan analisis data genomik secara cermat dan teliti. Mereka harus menginterpretasi hasil analisis dengan benar dan menghasilkan wawasan yang relevan dari data yang diolah.
  • Pengembangan Algoritma dan Metode Analisis: Seorang Bioinformatics Scientist harus mampu mengembangkan algoritma dan metode analisis yang efisien dan akurat. Mereka harus memastikan bahwa algoritma yang digunakan sesuai dengan tujuan analisis dan data yang digunakan.
  • Kolaborasi Tim: Seorang Bioinformatics Scientist harus mampu bekerja secara efektif dalamtim multidisiplin, berkolaborasi dengan ilmuwan biologi, statistikawan, dan ilmuwan komputasi lainnya. Mereka harus dapat berbagi pengetahuan, berdiskusi, dan bekerja secara sinergis untuk mencapai tujuan penelitian dan pengembangan.
  • Presentasi dan Komunikasi: Seorang Bioinformatics Scientist harus mampu menyajikan hasil analisis dan temuan dalam bentuk laporan tertulis, presentasi, atau publikasi ilmiah. Mereka harus dapat mengkomunikasikan informasi kompleks secara jelas dan efektif kepada rekan tim, pemangku kepentingan, atau masyarakat ilmiah.
  • Keamanan dan Etika: Seorang Bioinformatics Scientist harus memastikan keamanan, integritas, dan kerahasiaan data genomik yang mereka tangani. Mereka juga harus mematuhi etika penelitian dan menggunakan metodologi yang sesuai dalam analisis data dan pengembangan perangkat lunak.
  • Pemeliharaan dan Pengembangan Perangkat Lunak: Seorang Bioinformatics Scientist bertanggung jawab untuk pemeliharaan perangkat lunak bioinformatika yang dikembangkan dan melakukan pengembangan berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas, fungsionalitas, dan kinerja perangkat lunak tersebut.

Harap diperhatikan, bahwa posisi yang tersedia bisa berubah setiap waktu. Namun, penempatan posisi nanti, tidak akan berbeda jauh dari jurusan Anda saat ini.

Informasi Cara Pendaftaran:

Syarat dan Ketentuan

  1. Peserta mendaftar dengan tujuan untuk belajar, bukan mencari uang. Program Magang ini bukan untuk karyawan.
  2. Berasal dari jurusan pendidikan yang kami terima, dan yang bisa melakukan magang secara online.
  3. Memiliki laptop/ PC dengan OS (Operating Sistem) Windows.
  4. Melakukan aktivitas secara online sesuai hari dan jam kerja perusahaan.

Diatas hanyalah rangkuman saja. Pastikan Anda telah membaca keseluruhan halaman Syarat dan Ketentuan kami sebelum melakukan pendaftaran.

Perhatian: Lowongan magang ini akan ditutup pada tanggal: 28 May 2024. Segera daftarkan diri Anda sekarang.

Cara Melamar Lowongan ini

Silahkan klik tombol dibawah ini. Anda akan diarahkan ke formulir pendaftaran:


Melalui magang ini, Anda akan mendapatkan pengalaman praktis, pengembangan keterampilan yang berharga, dan peluang untuk berkontribusi pada penelitian dan pengembangan di bidang Computational Biology.

Kami menantikan kedatangan Anda dan keterlibatan Anda dalam proyek-proyek menarik yang fokus pada analisis data biologis, pengembangan algoritma, dan integrasi teknologi dalam memahami dunia biologi.

Jika Anda adalah seorang mahasiswa atau pelajar yang memiliki minat dan bakat dalam Computational Biology, kami mengundang Anda untuk melamar magang di Volunoid. Ini adalah kesempatan langka untuk bekerja di lingkungan kreatif, kolaboratif, dan didukung oleh para profesional berpengalaman dalam bidang ini.

Bersama-sama, kita akan menjelajahi potensi komputasi dan biologi untuk menghasilkan penemuan yang signifikan, menciptakan dampak positif dalam penelitian ilmiah, dan mendorong kemajuan dalam berbagai bidang biologi.