Lowongan Magang MAP

Lowongan Magang MAP Untuk Semua Jurusan

Anda seorang mahasiswa yang sedang menyelesaikan SKS magang dan mencari kesempatan magang yang menarik di perusahaan terkemuka? Jika iya, Anda telah datang ke tempat yang tepat! Di tahun 2024 ini, tersedia lowongan magang MAP (Mitra Adiperkasa) yang terlengkap di berbagai jurusan.

Dengan peluang ini, Anda dapat mengembangkan keterampilan dan pengalaman di industri ritel dan gaya hidup yang dinamis. Bacalah informasi berikut untuk mengetahui lebih lanjut tentang lowongan magang MAP yang menarik ini.

 

Apa itu MAP?

MAP (Mitra Adiperkasa) adalah perusahaan ritel terkemuka di Indonesia yang beroperasi dalam berbagai segmen industri, seperti ritel mode, makanan dan minuman, serta barang-barang rumah tangga. Perusahaan ini memiliki portofolio merek yang kuat, termasuk Zara, Sephora, Starbucks, Sogo, dan banyak lagi.

MAP telah menjadi salah satu pemain kunci dalam industri ritel di Indonesia selama bertahun-tahun, dengan berbagai toko dan gerai yang tersebar di seluruh negeri. Perusahaan ini mengedepankan pelayanan berkualitas tinggi, inovasi, dan memberikan pengalaman berbelanja yang unik bagi pelanggan.

Tes seleksi untuk program magang di tempat ini menuntut kesiapan dan kompetensi yang tinggi dari para pelamar. Di MAP, calon peserta magang menghadapi proses seleksi ketat, berbeda dengan Volunoid yang tidak memiliki tes seleksi. Sebagai perbandingan, dari 700 orang yang mendaftar, hanya ada 1 orang yang diterima.

Namun, kami yakin Anda ingin mengambil kesempatan dan melamar untuk posisi magang di sini, benar? Artikel ini menyediakan instruksi terperinci tentang cara melamar posisi magang di MAP. Sehingga, keep reading !!

Sebelum beranjak lebih lanjut, ketahui dahulu posisi magang yang sering tersedia disana, sebelum mengirimkan lamaran.

 

Posisi

Posisi Magang yang Tersedia di MAP

Dalam lowongan magang MAP ini, terdapat berbagai posisi menarik yang dapat diisi oleh mahasiswa. Berikut adalah lima posisi yang tersedia:

  • Visual Merchandising Assistant: Terlibat dalam pengaturan tata letak toko dan display produk secara menarik untuk meningkatkan daya tarik visual dan penjualan.
  • Marketing Assistant: Membantu tim pemasaran dalam perencanaan dan pelaksanaan strategi pemasaran, termasuk iklan, promosi, dan kegiatan kampanye.
  • Customer Service Assistant: Menangani pertanyaan dan keluhan pelanggan, memberikan layanan pelanggan yang baik, dan memberikan solusi yang tepat.
  • E-commerce Assistant: Mendukung operasional bisnis e-commerce, termasuk pengelolaan platform online dan pengiriman pesanan.
  • Store Operations Assistant: Terlibat dalam aktivitas sehari-hari di toko, termasuk pengaturan stok barang, pengelolaan kas, dan pelayanan pelanggan.

Persyaratan Mahasiswa agar Diterima Magang di MAP

Untuk menjadi calon peserta magang di MAP, terdapat beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi. Pertama, Anda harus menjadi mahasiswa aktif pada perguruan tinggi atau universitas yang diakui.

Terbuka kesempatan bagi mahasiswa dari semua jurusan, sehingga tidak ada batasan khusus terkait bidang studi yang diperlukan. Beberapa persyaratan tambahan yang biasanya diminta oleh MAP antara lain:

  • IPK minimal 3,00.
  • Motivasi yang tinggi dan antusiasme terhadap industri ritel dan gaya hidup.
  • Kemampuan komunikasi yang baik.
  • Kemampuan berbahasa Inggris yang memadai.
  • Kemampuan analisis dan pemecahan masalah yang baik.

Kemampuan Personal yang perlu dimiliki untuk magang di MAP

Bagi mahasiswa atau pelajar yang ingin magang di MAP atau perusahaan sejenisnya, selain kualifikasi pendidikan dan kemampuan teknis, beberapa kemampuan personal dan sifat-sifat tertentu dapat menjadi pertimbangan penting. Berikut adalah beberapa kemampuan personal yang umumnya dihargai dalam lingkungan kerja korporat seperti MAP:

  1. Kemampuan Komunikasi:
    • Kemampuan berkomunikasi yang baik sangat penting, baik secara lisan maupun tulisan.
    • Mahasiswa yang dapat menyampaikan ide dengan jelas dan efektif memiliki nilai tambah.
  2. Kemampuan Beradaptasi:
    • Kecepatan dalam beradaptasi dengan perubahan dan fleksibilitas terhadap tugas atau lingkungan kerja yang baru sangat dihargai.
    • Mahasiswa yang mampu belajar dengan cepat dan menyesuaikan diri dengan dinamika perusahaan akan memiliki keunggulan.
  3. Kemampuan Kerja Tim:
    • Kemampuan bekerja sama dalam tim dan berkontribusi positif terhadap kelompok kerja adalah aspek penting.
    • Demonstrasi kemampuan untuk mendengarkan dan berkolaborasi dengan baik akan meningkatkan produktivitas tim.
  4. Inisiatif dan Keinginan untuk Belajar:
    • Siswa yang menunjukkan inisiatif untuk mengambil tanggung jawab tambahan dan memiliki dorongan untuk terus belajar lebih lanjut cenderung dinilai tinggi.
    • Kesediaan untuk terlibat dalam proyek-proyek yang menantang dan berkontribusi pada pertumbuhan perusahaan.
  5. Kemampuan Problem Solving:
    • Kemampuan untuk mengidentifikasi masalah, menganalisis situasi, dan menawarkan solusi yang kreatif dan efektif merupakan keterampilan yang sangat diinginkan.
  6. Komitmen dan Keandalan:
    • Mahasiswa yang menunjukkan komitmen terhadap pekerjaan, memiliki sikap yang dapat diandalkan, dan memenuhi tenggat waktu akan mendapatkan apresiasi.
  7. Etika Kerja:
    • Mahasiswa yang memahami dan menerapkan etika kerja yang baik, termasuk integritas dan tanggung jawab, sangat dihargai oleh perusahaan.
  8. Kemampuan Manajemen Waktu:
    • Mahasiswa yang dapat mengelola waktu dengan baik dan mengutamakan tugas-tugasnya secara efisien akan menjadi aset berharga.
  9. Kemampuan Analitis:
    • Kemampuan untuk menganalisis data, mengambil keputusan berdasarkan informasi yang tersedia, dan memberikan rekomendasi yang rasional.
  10. Kepemimpinan:
    • Meskipun ini mungkin bukan syarat mutlak untuk magang, kemampuan kepemimpinan atau pengalaman kepemimpinan sebelumnya dapat memberikan nilai tambah.

Menggabungkan kualifikasi pendidikan, kemampuan teknis, dan sifat-sifat pribadi ini dapat membantu memastikan bahwa mahasiswa yang magang memiliki dampak positif dan berkesan selama periode magang di MAP.

Jurusan pendidikan yang sering diterima oleh MAP

Perusahaan seperti MAP, yang bergerak di berbagai sektor seperti ritel, distribusi, dan layanan keuangan, dapat menerima magang dari berbagai jurusan pendidikan. Meskipun demikian, beberapa jurusan mungkin lebih umum diterima karena mereka dapat memberikan keterampilan khusus yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut. Beberapa jurusan yang sering diterima magang di perusahaan seperti MAP meliputi:

  1. Manajemen Bisnis:
    • Jurusan manajemen bisnis atau administrasi bisnis memberikan pemahaman yang kuat tentang konsep manajemen, keuangan, dan operasi bisnis.
  2. Akuntansi:
    • Jurusan akuntansi memberikan pemahaman mendalam tentang akuntansi keuangan dan manajerial, yang krusial dalam bisnis yang melibatkan keuangan.
  3. Ekonomi:
    • Mahasiswa dengan latar belakang ekonomi dapat membawa pemahaman tentang faktor-faktor ekonomi yang dapat memengaruhi industri dan bisnis.
  4. Teknik Informatika atau Teknologi Informasi:
    • Pemahaman tentang teknologi informasi dan analisis data dapat menjadi aset penting dalam banyak industri, termasuk ritel dan distribusi.
  5. Ilmu Komunikasi:
    • Kemampuan komunikasi yang baik dan pemahaman tentang strategi komunikasi dapat diterapkan dalam berbagai aspek bisnis.
  6. Pemasaran atau Hubungan Masyarakat:
    • Jurusan ini memberikan keterampilan dalam mengembangkan dan mengelola strategi pemasaran serta memahami hubungan dengan pelanggan dan masyarakat.
  7. Sumber Daya Manusia (SDM) atau Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM):
    • Untuk perusahaan besar seperti MAP, manajemen sumber daya manusia menjadi kritis. Mahasiswa dengan latar belakang ini dapat membantu dalam pengelolaan tenaga kerja dan pengembangan sumber daya manusia.
  8. Logistik atau Supply Chain Management:
    • Dalam industri ritel dan distribusi, pemahaman tentang manajemen rantai pasokan dan logistik sangat penting.
  9. Desain Grafis atau Desain Produk:
    • Untuk posisi terkait pemasaran, desain grafis atau desain produk dapat membantu dalam pengembangan materi promosi dan branding.
  10. Matematika atau Statistik:
    • Pemahaman yang kuat tentang matematika atau statistik dapat berguna dalam analisis data dan pengambilan keputusan.

Program magang di MAP biasanya memberikan prioritas kepada pelajar dari jurusan pendidikan tertentu. Dalam hal penerimaan magang, Kami, Volunoid berbeda dengan MAP. Karena tidak membatasi jenis jurusan yang dapat melamar.

Apabila jurusan perkuliahan Anda tidak sesuai dengan posisi yang tersedia diatas, maka kecil kemungkinan untuk bisa diterima. Meskipun begitu, tidak ada salahnya untuk tetap mencoba.

Penting bagi Anda untuk memahami dan mengevaluasi posisi yang disebutkan di atas. Sesuaikan jurusan perkuliahan Anda dengan persyaratan posisi untuk melihat potensi Anda diterima di MAP.

 

Benefit

Manfaat yang Bisa Didapatkan dengan Magang di MAP

Dengan mengikuti magang di MAP, Anda dapat merasakan manfaat berharga dalam pengembangan karir Anda di masa depan. Beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh antara lain:

  • Pengalaman praktis dalam industri ritel dan gaya hidup yang terkemuka.
  • Kesempatan untuk belajar dari para profesional berpengalaman di industri ini.
  • Peningkatan keterampilan di bidang yang terkait dengan posisi magang yang dipilih.
  • Pemahaman yang lebih baik tentang strategi pemasaran, operasional toko, dan pengelolaan pelanggan.
  • Kesempatan untuk membangun jaringan profesional dengan orang-orang yang memiliki pengalaman di industri ini.

Keterampilan yang Bisa Didapatkan dengan Melakukan Magang di MAP

Melalui magang di MAP, Anda akan memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan yang sangat berharga. Beberapa keterampilan yang bisa Anda dapatkan meliputi:

  • Kemampuan analisis pasar dan pemahaman tentang tren konsumen di industri ritel.
  • Keterampilan komunikasi dan negosiasi yang baik dalam lingkungan kerja.
  • Pemahaman tentang penggunaan alat dan platform digital dalam pemasaran dan penjualan.
  • Kemampuan bekerja secara efektif dalam tim dan menghadapi tantangan operasional.
  • Keterampilan dalam pengelolaan waktu dan penyelesaian tugas dengan tenggat waktu.

Adapun manfaat lain yang bisa didapatkan dengan melakukan magang disini adalah mendapatkan dokumen yang disyaratkan untuk menyelesaikan SKS Magang Anda di kuliah/ sekolah. Sebagai bagian dari dokumentasi, Anda akan menerima sertifikat, surat konfirmasi penyelesaian magang, dan formulir evaluasi.

Pemberian dokumen ini biasanya dilakukan 2-4 minggu setelah Anda dinyatakan selesai magang. Berbeda dengan MAP, di Volunoid, dokumen-dokumen magang tersebut diberikan hanya dalam waktu 1 hingga 2 hari pasca magang.

 

Cara Melamar Lowongan Magang MAP

Cara melamar magang di MAP memang sangat berlainan dibandingkan dengan pendaftaran magang di Volunoid. Di sini, mungkin diperlukan untuk datang langsung ke perusahaan guna mengajukan lamaran, dan menanti kabar selama beberapa bulan.

Begitu berbeda dengan Proses mendaftar magang di Volunoid, yang hanya membutuhkan waktu beberapa detik dan pelamar dapat langsung diterima.

Untuk melamar lowongan magang MAP, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Cara Umum (Paling Cepat)

  1. Riset Perusahaan: Teliti informasi tentang MAP, termasuk merek-merek yang mereka miliki dan filosofi bisnis mereka.
  2. Persiapkan Dokumen: Siapkan CV terbaru Anda yang mencakup informasi pendidikan, pengalaman, dan keterampilan yang relevan dengan posisi magang yang diminati. Sertakan juga surat lamaran yang menunjukkan minat Anda untuk bergabung dengan MAP.
  3. Kirim Lamaran: Kirimkan CV dan surat lamaran Anda melalui alamat email atau platform yang telah ditentukan oleh MAP.
  4. Ikuti Proses Seleksi: Jika lamaran Anda diterima, Anda akan mengikuti proses seleksi yang meliputi wawancara dan tes tertulis.

Mengirimkan Email Lamaran

Untuk mengirimkan email lamaran magang di MAP atau perusahaan lainnya, ada beberapa langkah yang dapat Anda ikuti. Berikut adalah panduan umum:

1. Subjek Email yang Jelas:

  • Pastikan subjek email Anda mencerminkan dengan jelas tujuan Anda, misalnya, “Lamaran Magang di MAP – [Nama Anda]”.

2. Salam Pembuka yang Profesional:

  • Mulailah email dengan salam pembuka yang sopan, seperti “Hormat Saya” atau “Dear [Nama Penerima]”.

3. Pendahuluan yang Menarik:

  • Jelaskan dengan singkat siapa Anda, jurusan Anda, dan mengapa Anda tertarik untuk magang di MAP. Tambahkan kalimat yang menunjukkan pengetahuan Anda tentang perusahaan.

4. Sertakan Lampiran atau Link:

  • Sertakan lampiran berisi CV dan surat lamaran. Pastikan bahwa nama file dan formatnya sesuai (contoh: CV_NamaAnda.pdf, SuratLamaran_NamaAnda.pdf).

5. Surat Lamaran yang Dikustomisasi:

  • Sertakan surat lamaran yang dikustomisasi untuk posisi magang tersebut. Jelaskan mengapa Anda tertarik pada perusahaan dan bagaimana keterampilan Anda dapat mendukung kebutuhan mereka.

6. Jelaskan Keunggulan Anda:

  • Jelaskan secara singkat mengapa Anda adalah kandidat yang baik untuk magang tersebut. Soroti keterampilan dan pengalaman yang relevan.

7. Detail Periode Magang dan Ketersediaan:

  • Berikan informasi jelas tentang periode magang yang diinginkan dan ketersediaan Anda. Pastikan untuk menyebutkan jika Anda memiliki fleksibilitas dalam jadwal.

8. Contoh Pekerjaan Sebelumnya (jika relevan):

  • Jika Anda memiliki pengalaman sebelumnya yang relevan, sebutkan secara singkat untuk memperkuat lamaran Anda.

9. Kesimpulan yang Profesional:

  • Akhiri email dengan kalimat penutup yang profesional, seperti “Terima kasih atas perhatian Anda. Saya sangat berharap untuk mendengar tanggapan dari Anda.”

10. Informasi Kontak: – Pastikan mencantumkan informasi kontak Anda, seperti nomor telepon dan alamat email, agar mudah dihubungi.

11. Periksa Kembali Email: – Sebelum mengirim, periksa kembali email Anda untuk memastikan tidak ada kesalahan tata bahasa, ejaan, atau kesalahan lainnya.

12. Kirim dan Pantau: – Kirim email lamaran Anda dan pantau kotak masuk Anda untuk menanggapi pertanyaan atau undangan wawancara yang mungkin diterima.

Pastikan untuk menyusun email Anda dengan jelas, singkat, dan profesional. Setiap elemen dalam email sebaiknya mendukung kesan positif tentang kemampuan dan minat Anda terhadap magang di MAP.

Datang Langsung ke Kantor

Melamar langsung ke MAP dengan mengunjungi kantor mereka merupakan langkah yang proaktif dan dapat meningkatkan kesan positif. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti saat datang langsung untuk melamar:

  1. Persiapkan Dokumen Lamaran:
    • Pastikan Anda membawa salinan CV terbaru, surat lamaran, dan dokumen pendukung lainnya seperti transkrip nilai dan sertifikat. Semua dokumen ini harus diperbarui dan mencerminkan kualifikasi dan pengalaman Anda.
  2. Pilih Waktu yang Tepat:
    • Pilih waktu yang strategis untuk mengunjungi kantor MAP. Idealnya, hindari waktu sibuk seperti jam makan siang atau akhir pekan. Pilih waktu yang cenderung lebih tenang agar staf penerimaan lamaran dapat memberikan perhatian lebih.
  3. Kenali Lokasi Kantor:
    • Pastikan Anda tahu lokasi persis kantor MAP yang ingin Anda kunjungi. Kenali alamat, nomor lantai, dan segala informasi penting lainnya.
  4. Kenakan Pakaian Profesional:
    • Saat datang langsung, pastikan Anda mengenakan pakaian yang sesuai dan profesional. Ini menciptakan kesan yang baik dan menunjukkan keseriusan Anda terhadap proses lamaran.
  5. Berinteraksi dengan Resepsionis:
    • Saat tiba di kantor, sapa resepsionis dengan sopan dan sampaikan tujuan Anda untuk melamar magang di MAP. Jelaskan bahwa Anda ingin berbicara dengan staf penerimaan lamaran atau orang yang bertanggung jawab.
  6. Kenalkan Diri secara Profesional:
    • Setelah dikenalkan dengan staf penerimaan lamaran, perkenalkan diri Anda secara singkat dan profesional. Sampaikan niat Anda untuk melamar magang di perusahaan dan sertakan informasi singkat mengenai diri Anda.
  7. Tanyakan Prosedur Lamaran:
    • Ajukan pertanyaan mengenai prosedur lamaran dan apa yang diharapkan dari Anda. Ini dapat mencakup apakah mereka menerima lamaran langsung atau apakah ada formulir atau prosedur khusus yang perlu diikuti.
  8. Jangan Lupa Berterima Kasih:
    • Setelah percakapan, jangan lupa mengucapkan terima kasih atas waktu dan perhatian yang diberikan. Tunjukkan apresiasi Anda terhadap kesempatan untuk berbicara langsung.
  9. Ikuti Petunjuk Selanjutnya:
    • Jika staf penerimaan lamaran memberikan petunjuk selanjutnya atau mengarahkan Anda ke proses selanjutnya, pastikan untuk mengikuti instruksi tersebut dengan cermat.
  10. Pantau Tindak Lanjut:
    • Setelah kunjungan Anda, pantau tindak lanjut yang mungkin diperlukan, seperti mengirimkan dokumen tambahan atau menjawab pertanyaan tambahan yang mungkin muncul.

Terdapat kesamaan proses pendaftaran magang di MAP dengan yang ada di Volunoid. Bedanya kalau disini, Anda diwajibkan untuk membuat CV dan menyiapkan dokumen-dokumen pendidikan, termasuk ijazah dan dokumen identitas lainnya.

Untuk mendaftar di Volunoid, Anda hanya perlu menggunakan email, tanpa langkah tambahan. Tidak ada kebutuhan untuk mengurus administrasi yang kompleks.

 

Informasi Penting

Tips Agar Diterima

Untuk meningkatkan peluang Anda diterima dalam magang MAP, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan:

  • Pelajari dengan seksama tentang MAP dan merek-merek yang mereka miliki sebelum mengikuti wawancara.
  • Tunjukkan minat yang kuat terhadap industri ritel dan gaya hidup serta antusiasme untuk belajar dan berkontribusi di MAP.
  • Perlihatkan kemampuan komunikasi yang baik dan keterampilan berorganisasi selama proses seleksi.
  • Jaga sikap yang positif, tanggap, dan adaptif terhadap tantangan yang mungkin timbul selama magang.
  • Manfaatkan kesempatan untuk belajar dari pengalaman di MAP dan tunjukkan kemauan untuk terus berkembang.

Alternatif Selain Magang di MAP

Walaupun magang di MAP sangat bermanfaat, terdapat alternatif lain yang juga layak dipertimbangkan. Magang di Mayora dan Media Online juga menawarkan kesempatan mendalam untuk memahami peran dalam sektor Perusahaan Swasta.

Anda akan mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi dengan profesional di bidang tersebut dan memahami tantangan di bidang profesional yang lain.

Pilihan Lowongan Magang di Perusahaan Swasta Lain

Walaupun Anda saat ini berfokus pada magang di MAP, ingatlah bahwa kesempatan magang mungkin tidak selalu tersedia di sana. Oleh karena itu, memikirkan Perusahaan Swasta lain sebagai opsi alternatif merupakan langkah yang bijaksana.

Perlu diingat bahwa MAP adalah salah satu dari jenis- jenis spesifik dari Perusahaan Swasta. Untuk opsi selain MAP, halaman Lowongan Magang Perusahaan Swasta di situs kami juga menawarkan pilihan lain yang layak untuk Anda pertimbangkan.

 

Gunakan Tes Simulasi Masuk ke MAP

Kami menyediakan solusi peningkatan peluang diterima, yang cocok bagi Anda yang berkeinginan bergabung dengan MAP.

Kami menawarkan tes simulasi untuk pendaftaran di Perusahaan Swasta, yang akan membantu meningkatkan kemampuan dan pengetahuan Anda.

Sebagai variasi dari Perusahaan Swasta, materi tes untuk MAP sering kali serupa dengan tes di Perusahaan Swasta.

Jangan melewatkan kesempatan unik ini untuk meningkatkan peluang diterima jauh lebih tinggi.

Mulai karier sukses Anda di MAP dengan menekan tombol dibawah ini.


 

Penutup

Selalu sisihkan waktu untuk berdoa setelah Anda mendaftar. Karena banyaknya peserta, persaingan menjadi sangat ketat.

Koneksi personal di dalam lembaga sering kali memberikan keuntungan kompetitif. Tidak ada salahnya bertanya kepada orang tua apakah mereka memiliki kontak yang bisa membantu.

Meski Anda memiliki kenalan di dalam organisasi, ini tidak selalu menjamin penerimaan Anda. Sebagai opsi lain, pertimbangkan mendaftar untuk magang di Volunoid.

Dengan adanya lowongan magang MAP yang terlengkap di tahun 2024 ini, mahasiswa memiliki kesempatan emas untuk mendapatkan pengalaman berharga dan mengembangkan keterampilan di industri ritel dan gaya hidup.

Melalui magang ini, Anda dapat memperluas wawasan, memperoleh keterampilan yang berharga, dan membangun jaringan profesional. Jangan lewatkan kesempatan ini, siapkan lamaran Anda, dan raih karir masa depan yang cerah di MAP.