Lowongan Magang Linkedin

Lowongan Magang Linkedin Untuk Semua Jurusan

LinkedIn, platform profesional terkemuka di dunia, menyediakan kesempatan magang yang menarik bagi mahasiswa yang sedang menyelesaikan SKS magang mereka.

Magang di LinkedIn memberikan pengalaman berharga dalam dunia kerja dan membuka pintu untuk pengembangan karir yang sukses di masa depan. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan lebih lanjut tentang lowongan magang LinkedIn yang tersedia di tahun 2024.

 

Apa itu Linkedin?

LinkedIn adalah platform jejaring sosial profesional yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan diri, berbagi informasi, dan membangun jaringan profesional.

Platform ini memberikan kesempatan bagi individu untuk memperluas jaringan mereka, menjelajahi peluang karir, dan berbagi pengetahuan di berbagai industri. LinkedIn juga menyediakan berbagai layanan, termasuk lowongan pekerjaan, pelatihan, dan pembelajaran daring.

Sayangnya, lowongan magang disini memberlakukan tes seleksi yang sangat ketat. Tidak seperti di Volunoid di mana tidak diperlukan tes seleksi untuk proses masuk nya. Sebagai perbandingan, dari 700 orang yang mendaftar, hanya ada 1 orang yang diterima.

Tapi, tentu Anda ingin mencoba keberuntungan melamar magang disini, ya kan?. Artikel ini akan memberikan panduan cara melakukannya.

Sebelum memutuskan untuk melamar, penting untuk meneliti dan mengetahui posisi magang yang biasa ditawarkan di Linkedin.

 

Posisi

Posisi Magang yang Tersedia di Linkedin

LinkedIn menawarkan beberapa posisi menarik untuk mahasiswa yang tertarik dalam magang di platform ini. Berikut adalah lima posisi yang tersedia:

  • Magang Pengembangan Produk: Terlibat dalam pengembangan fitur baru dan perbaikan platform LinkedIn.
  • Magang Pemasaran dan Komunikasi: Membantu dalam merancang dan melaksanakan strategi pemasaran dan komunikasi untuk meningkatkan visibilitas dan pertumbuhan pengguna.
  • Magang Analitik Data: Menganalisis data pengguna dan perilaku pengguna untuk menghasilkan wawasan yang berharga.
  • Magang Sumber Daya Manusia: Mendukung tim SDM dalam proses rekrutmen, pengembangan karyawan, dan manajemen kinerja.
  • Magang Manajemen Produk: Terlibat dalam perencanaan strategis, penelitian pasar, dan pengembangan fitur produk LinkedIn.

Persyaratan Mahasiswa agar Diterima Magang di Linkedin

Untuk diterima dalam magang di LinkedIn, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Berikut adalah beberapa persyaratan umum yang biasanya diberlakukan:

  • Status sebagai mahasiswa aktif pada perguruan tinggi atau universitas yang diakui.
  • Keterampilan komunikasi yang baik, termasuk kemampuan menulis dan berbicara dalam bahasa Inggris yang lancar.
  • Minat dan pemahaman tentang platform LinkedIn dan bagaimana mengoptimalkan profil profesional.
  • Kemampuan analitis dan pemecahan masalah untuk menghadapi tantangan kerja yang kompleks.
  • Kemampuan bekerja dalam tim dan berkolaborasi dengan baik.

Kemampuan Personal yang perlu dimiliki untuk magang di Linkedin

Magang di LinkedIn atau perusahaan teknologi seringkali memerlukan kombinasi keterampilan teknis dan kemampuan personal yang kuat. Berikut adalah beberapa kemampuan personal yang dapat menjadi pertimbangan penting:

  1. Komunikasi Efektif:
    • Kemampuan berkomunikasi dengan baik, baik secara lisan maupun tertulis, sangat penting. Mahasiswa yang dapat menyampaikan ide dan gagasan dengan jelas dan efektif akan memiliki nilai tambah.
  2. Kemampuan Beradaptasi:
    • Lingkungan bisnis dan teknologi berubah dengan cepat. Mahasiswa yang dapat beradaptasi dengan perubahan, belajar dengan cepat, dan tetap fleksibel akan lebih sukses dalam lingkungan kerja yang dinamis.
  3. Inisiatif dan Kreativitas:
    • Mahasiswa yang memiliki inisiatif untuk mencari solusi masalah, mengemukakan ide-ide baru, dan bersedia berkontribusi dengan cara yang inovatif akan dihargai.
  4. Kemampuan Menyelesaikan Masalah:
    • Perusahaan teknologi seringkali menghargai kemampuan untuk mengidentifikasi masalah dan merancang solusi. Mahasiswa yang memiliki kemampuan analitis dan dapat menyelesaikan masalah secara efisien dihargai.
  5. Kemampuan Berkolaborasi:
    • Kolaborasi adalah kunci di banyak lingkungan kerja modern. Mahasiswa yang dapat bekerja sama dengan orang lain, memiliki kemampuan interpersonal yang baik, dan dapat berkontribusi dalam tim akan menjadi aset berharga.
  6. Kemampuan Manajemen Waktu:
    • Mahasiswa yang dapat mengelola waktu dengan baik dan memiliki kemampuan untuk mengatur prioritas tugas-tugasnya akan lebih sukses dalam mengatasi tantangan sehari-hari.
  7. Keinginan untuk Belajar:
    • Kemauan untuk terus belajar dan mengembangkan keterampilan baru sangat penting di dunia teknologi yang terus berkembang. Mahasiswa yang memiliki semangat belajar akan mendapat nilai positif.
  8. Keandalan dan Tanggung Jawab:
    • Perusahaan menghargai mahasiswa yang dapat diandalkan, memenuhi tenggat waktu, dan bertanggung jawab terhadap tugas dan proyek yang diberikan.
  9. Pengalaman Organisasi dan Kepemimpinan:
    • Pengalaman dalam organisasi atau kepemimpinan di luar lingkungan akademis dapat menunjukkan kemampuan kepemimpinan dan kerjasama.
  10. Kemampuan Networking:
    • Memiliki kemampuan untuk membangun dan memelihara hubungan baik di dalam dan di luar perusahaan dapat menjadi keunggulan. LinkedIn sebagai platform profesional juga menekankan pentingnya jaringan profesional.

Jangan lupa untuk menekankan pada keunikan dan kontribusi yang dapat diberikan oleh mahasiswa tersebut, serta bagaimana mereka dapat membawa nilai tambah bagi perusahaan melalui kombinasi keterampilan teknis dan personal.

Jurusan pendidikan yang sering diterima oleh Linkedin

LinkedIn sebagai platform profesional yang berfokus pada berbagai industri dan bidang, menerima magang dari berbagai jurusan pendidikan. Namun, beberapa jurusan umumnya lebih relevan dengan kebutuhan perusahaan di sektor teknologi, bisnis, dan sumber daya manusia. Berikut adalah beberapa jurusan pendidikan yang sering diterima untuk magang di LinkedIn:

  1. Teknik Komputer atau Ilmu Komputer:
    • Mahasiswa yang belajar tentang pengembangan perangkat lunak, desain sistem, keamanan informasi, atau topik terkait teknologi informasi umumnya sangat dicari di perusahaan teknologi.
  2. Manajemen Bisnis atau Administrasi Bisnis:
    • Jurusan ini relevan untuk magang di berbagai departemen, termasuk manajemen proyek, sumber daya manusia, dan pengembangan bisnis.
  3. Keuangan atau Akuntansi:
    • Perusahaan-perusahaan yang berfokus pada keuangan, fintech, atau industri terkait biasanya menerima magang yang memiliki latar belakang dalam keuangan, akuntansi, atau ekonomi.
  4. Pemasaran atau Komunikasi:
    • Mahasiswa dengan pengetahuan di bidang pemasaran, branding, dan komunikasi sering dicari untuk magang di departemen pemasaran atau komunikasi perusahaan.
  5. Desain Grafis atau Seni Digital:
    • Perusahaan dengan fokus pada desain produk, pengalaman pengguna, atau branding sering mencari mahasiswa dengan latar belakang dalam desain grafis atau seni digital.
  6. Sains Data atau Statistik:
    • Dalam konteks perusahaan teknologi dan analisis data, mahasiswa yang belajar sains data atau statistik dapat sangat dicari.
  7. Ilmu Sosial atau Psikologi (terutama HR):
    • Magang di departemen sumber daya manusia sering menerima mahasiswa dengan latar belakang di bidang ilmu sosial, psikologi, atau manajemen SDM.
  8. Teknik Elektro atau Elektronika:
    • Di perusahaan teknologi, mahasiswa yang belajar teknik elektro atau elektronika dapat menemukan peluang magang di bidang pengembangan perangkat keras.
  9. Hukum atau Hubungan Internasional:
    • Perusahaan dengan operasi global atau beroperasi dalam industri yang sangat diatur mungkin mencari mahasiswa hukum atau hubungan internasional.
  10. Kesehatan atau Kedokteran (terutama untuk perusahaan di sektor kesehatan):
    • Untuk perusahaan yang berfokus pada teknologi kesehatan atau industri kesehatan, mahasiswa dengan latar belakang di bidang kesehatan atau kedokteran dapat dicari.

Kesempatan magang di Linkedin cenderung lebih terbuka bagi mahasiswa dari beberapa disiplin ilmu tertentu. Kami di Volunoid memiliki kebijakan penerimaan yang lebih luas, berbeda dengan Linkedin yang terbatas pada jurusan tertentu.

Peluang Anda untuk diterima dalam magang ini menurun jika jurusan Anda tidak relevan dengan posisi yang ditawarkan. Meski peluangnya kecil, bukan berarti Anda tidak memiliki kesempatan sama sekali, jadi layak untuk mencoba nya saja dahulu.

Pastikan untuk memperhatikan dengan detail posisi magang yang tersedia seperti dijelaskan diatas. Periksa apakah jurusan Anda sejalan dengan persyaratan posisi ini untuk menilai peluang Anda.

 

Benefit

Manfaat yang Bisa Didapatkan dengan Magang di Linkedin

Melakukan magang di LinkedIn memberikan sejumlah manfaat yang berharga bagi perkembangan karir Anda. Beberapa manfaat tersebut meliputi:

  • Kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut tentang industri profesional dan tren terkini.
  • Membangun jaringan profesional yang luas dan terhubung dengan para ahli di berbagai bidang.
  • Memperoleh pemahaman tentang penggunaan platform LinkedIn untuk membangun merek pribadi dan mencari peluang karir.
  • Pengembangan keterampilan kerja yang relevan, seperti pemasaran, analitik, pengembangan produk, dan sumber daya manusia.
  • Meningkatkan pemahaman tentang pengembangan dan pengelolaan produk teknologi.

Keterampilan yang Bisa Didapatkan dengan Melakukan Magang di Linkedin

Melalui magang di LinkedIn, Anda dapat mengembangkan berbagai keterampilan profesional yang penting untuk karir Anda. Beberapa keterampilan tersebut meliputi:

  • Keterampilan komunikasi dan presentasi yang efektif.
  • Kemampuan analitis untuk menginterpretasikan data dan menghasilkan wawasan bisnis.
  • Pemahaman tentang strategi pemasaran dan pengembangan merek.
  • Keterampilan pengembangan produk dan manajemen proyek.
  • Kemampuan beradaptasi dan bekerja dalam lingkungan kerja yang dinamis dan beragam.

Keuntungan lain dari magang di Linkedin ini adalah termasuk memperoleh dokumen resmi yang diperlukan untuk kredit magang di perguruan tinggi atau sekolah Anda. Di antara dokumen yang diberikan ada sertifikat, surat pernyataan selesai magang, dan formulir penilaian.

Biasanya, dokumen-dokumen ini diberikan dalam waktu 3 hingga 6 minggu setelah penyelesaian magang Anda. Sedangkan di Volunoid, proses penerimaan dokumen seperti ini jauh lebih cepat, biasanya hanya membutuhkan 1-2 hari setelah internship berakhir.

 

Cara Melamar Lowongan Magang Linkedin

Mengajukan diri untuk magang di tempat ini sangat kontras dengan cara mendaftar magang di Volunoid. Anda mungkin harus pergi ke kantor Linkedin untuk mengajukan lamaran dan harus menunggu sangat lama untuk mendapatkan informasi.

Begitu berbeda dengan Proses mendaftar magang di Volunoid, yang hanya membutuhkan waktu beberapa detik dan pelamar dapat langsung diterima.

Untuk melamar lowongan magang di LinkedIn, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Cara Umum (Paling Cepat)

  1. Riset tentang LinkedIn: Pelajari lebih lanjut tentang LinkedIn sebagai platform dan perusahaan, termasuk layanan dan produk yang ditawarkan serta nilai-nilai perusahaan.
  2. Persiapkan Resume dan Surat Lamaran: Buatlah resume yang menyoroti pendidikan, pengalaman, dan keterampilan Anda yang relevan. Sertakan juga surat lamaran yang menunjukkan minat Anda dalam magang di LinkedIn.
  3. Jelajahi Lowongan Magang: Cari lowongan magang LinkedIn yang sesuai dengan minat dan keterampilan Anda. Baca deskripsi pekerjaan dengan seksama dan pilih posisi yang paling sesuai.
  4. Kirim Lamaran: Kirimkan resume dan surat lamaran Anda melalui saluran yang ditentukan dalam deskripsi pekerjaan, seperti email atau platform penerimaan lamaran.
  5. Persiapkan untuk Wawancara: Jika lamaran Anda diterima, Anda mungkin akan diundang untuk wawancara. Persiapkan diri Anda dengan membaca lebih lanjut tentang LinkedIn, menggali lebih dalam tentang posisi yang Anda lamar, dan mempersiapkan jawaban untuk pertanyaan umum tentang motivasi dan keterampilan Anda.

Mengirimkan Email Lamaran

Meskipun pengiriman email lamaran biasanya dilakukan melalui platform rekrutmen atau formulir online yang disediakan oleh perusahaan, berikut adalah langkah-langkah umum yang dapat diambil saat mengirimkan email lamaran untuk melamar magang di LinkedIn:

  1. Tujuan Email:
    • Pastikan judul email mencerminkan tujuan Anda, misalnya, “Lamaran Magang: [Nama Anda]”. Judul yang jelas akan membantu penerima mengidentifikasi konten email dengan cepat.
  2. Salutasi yang Profesional:
    • Mulailah email dengan salutasi yang profesional, misalnya “Bapak/Ibu [Nama Penerima]”.
  3. Pengantar Diri:
    • Sertakan paragraf singkat yang memperkenalkan diri Anda. Sebutkan nama, institusi pendidikan, dan jurusan yang sedang Anda tempuh.
  4. Motivasi Lamaran:
    • Jelaskan mengapa Anda tertarik untuk melamar magang di perusahaan tersebut. Fokuskan pada bagaimana pengalaman dan keterampilan Anda dapat memberikan kontribusi kepada perusahaan.
  5. Penjelasan Kualifikasi:
    • Sertakan ringkasan singkat tentang pendidikan, keterampilan, dan pengalaman yang relevan. Tekankan hal-hal yang sesuai dengan kebutuhan magang dan perusahaan.
  6. Mengapa LinkedIn:
    • Jelaskan mengapa Anda tertarik untuk magang di perusahaan tersebut melalui LinkedIn. Mungkin Anda mengikuti perkembangan perusahaan atau telah terlibat dalam diskusi di platform.
  7. Lampiran Resume dan Surat Lamaran:
    • Lampirkan resume dan surat lamaran resmi sebagai dokumen terpisah. Pastikan dokumen ini mudah diakses dan diunduh oleh penerima.
  8. Tanyakan Ketersediaan Wawancara:
    • Jelaskan bahwa Anda sangat antusias untuk berkesempatan wawancara dan tanyakan ketersediaan waktu untuk melanjutkan proses seleksi.
  9. Penutup yang Profesional:
    • Akhiri email dengan penutup yang profesional, seperti “Hormat saya, [Nama Anda]”.
  10. Informasi Kontak:
    • Sertakan informasi kontak Anda, seperti nomor telepon dan alamat email, untuk memudahkan perusahaan menghubungi Anda.
  11. Tinjau dan Koreksi:
    • Sebelum mengirimkan email, tinjau dan perbaiki kesalahan tata bahasa atau ejaan. Pastikan format email terlihat profesional dan mudah dibaca.
  12. Kirim sebagai Lampiran atau Link:
    • Pilih apakah Anda akan mengirimkan resume dan surat lamaran sebagai lampiran langsung atau menyertakan tautan ke profil LinkedIn Anda, di mana penerima dapat melihat informasi lebih lanjut.

Setelah Anda menyelesaikan email lamaran, pastikan untuk mengirimkannya dengan sopan dan mengecek kotak surat masuk Anda secara berkala untuk memantau tanggapan atau permintaan tambahan.

Datang Langsung ke Kantor

Melamar langsung melalui LinkedIn umumnya tidak melibatkan “datang langsung” ke platform tersebut seperti yang mungkin terjadi dalam perekrutan konvensional. Namun, berikut adalah langkah-langkah untuk melamar magang melalui LinkedIn:

  1. Perbarui Profil LinkedIn Anda:
    • Pastikan profil LinkedIn Anda lengkap dan mencerminkan keterampilan, pendidikan, dan pengalaman kerja terbaru Anda. Unggah foto profil yang profesional.
  2. Cari Lowongan Magang:
    • Gunakan fitur pencarian LinkedIn untuk mencari lowongan magang. Anda dapat menggunakan kata kunci, seperti “magang,” “internship,” atau spesifik keahlian atau industri yang Anda minati.
  3. Ikuti Perusahaan:
    • Jika Anda belum melakukannya, ikuti perusahaan yang menawarkan magang yang Anda minati. Hal ini memungkinkan Anda mendapatkan pembaruan terkait perusahaan dan menunjukkan minat Anda pada perusahaan tersebut.
  4. Kirim Pesan ke Penerima Keputusan:
    • Setelah menemukan lowongan yang diminati, Anda dapat mengirim pesan langsung melalui LinkedIn kepada penerima keputusan atau rekruter yang tercantum dalam deskripsi lowongan. Jelaskan minat Anda dalam magang dan tanyakan apakah ada langkah yang perlu diikuti untuk melamar.
  5. Lampirkan Dokumen:
    • Jika diminta oleh penerima keputusan, lampirkan resume dan surat lamaran Anda dalam pesan LinkedIn. Pastikan agar dokumen tersebut mencerminkan kualifikasi dan motivasi Anda dengan jelas.
  6. Jelaskan Nilai Tambah Anda:
    • Dalam pesan Anda, jelaskan dengan singkat nilai tambah yang dapat Anda berikan kepada perusahaan. Tekankan keterampilan dan pengalaman Anda yang relevan.
  7. Perhatikan Tautan Profil:
    • Pastikan tautan profil LinkedIn Anda mudah diakses dan terlihat profesional. Beberapa perusahaan mungkin memeriksa profil LinkedIn Anda secara lebih mendalam sebagai bagian dari proses seleksi.
  8. Ikuti Instruksi pada Lowongan:
    • Beberapa perusahaan mungkin meminta Anda melamar melalui formulir resmi di situs web mereka atau mengikuti instruksi khusus yang tercantum dalam deskripsi lowongan. Pastikan untuk mengikuti panduan tersebut dengan cermat.
  9. Pantau Tanggapan:
    • Setelah Anda mengirimkan pesan dan melamar, pantau kotak masuk Anda untuk tanggapan. Jika ada tanggapan atau instruksi lebih lanjut, tanggapi dengan cepat dan profesional.
  10. Siapkan untuk Wawancara:
    • Jika Anda diundang untuk wawancara, persiapkan diri dengan baik. Pelajari lebih lanjut tentang perusahaan dan pertimbangkan pertanyaan yang mungkin diajukan selama wawancara.

Dalam banyak hal, mendaftar magang di sini serupa dengan mendaftar di Volunoid. Bedanya di sini, langkah pertama Anda harus menyiapkan CV dan mengumpulkan dokumen-dokumen pendidikan Anda, termasuk ijazah dan kartu identitas.

Di Volunoid, prosesnya lebih ringkas, hanya membutuhkan pendaftaran memakai email. Tanpa perlu melalui langkah-langkah administratif yang berbelit.

 

Informasi Penting

Tips Agar Diterima

Berikut adalah beberapa tips agar Anda memiliki peluang lebih besar untuk diterima dalam magang LinkedIn:

  • Perbarui dan optimalkan profil LinkedIn Anda untuk mencerminkan minat dan keterampilan Anda.
  • Ikuti dan terlibat dalam grup dan diskusi yang relevan di LinkedIn untuk menunjukkan minat dan keaktifan Anda.
  • Buat jaringan dengan para profesional di bidang yang Anda minati melalui LinkedIn.
  • Gunakan bahasa yang jelas dan ringkas dalam resume dan surat lamaran Anda.
  • Tunjukkan semangat dan minat yang kuat dalam industri dan perusahaan LinkedIn.

Alternatif Selain Magang di Linkedin

Selain keuntungan magang di Linkedin, terdapat alternatif magang lain yang juga penting. Magang di Loreal dan MNC Group adalah jalan untuk memahami lebih jauh tentang berbagai peran di sektor Perusahaan Multinasional.

Anda akan memiliki kesempatan untuk berhubungan langsung dengan para ahli di bidang tersebut dan memahami dunia kerja di ruang lingkup yang berbeda.

Pilihan Lowongan Magang di Perusahaan Multinasional Lain

Anda mungkin saat ini memfokuskan pada magang di Linkedin, tapi perlu diingat bahwa mereka tidak selalu menawarkan kesempatan magang. Jadi, pertimbangan bijak adalah memasukkan Perusahaan Multinasional lain sebagai pilihan alternatif untuk magang Anda.

Ingatlah bahwa Linkedin termasuk dalam kategori Perusahaan Multinasional. Jika Linkedin belum membuka magang, periksa halaman kami yang berjudul Lowongan Magang Perusahaan Multinasional untuk menemukan peluang lain.

 

Gunakan Tes Simulasi Masuk ke Linkedin

Untuk Anda yang ingin masuk ke Linkedin, kami memiliki solusi persiapan yang dirancang untuk membantu Anda.

Kami menyediakan tes simulasi masuk ke Perusahaan Multinasional, sebuah alat persiapan yang efektif untuk mengasah kemampuan dan pengetahuan Anda.

Tes yang dilakukan untuk masuk ke Linkedin cenderung memiliki kemiripan dengan tes di Perusahaan Multinasional, mengingat Linkedin adalah variasi dari Perusahaan Multinasional.

Jangan melewatkan kesempatan unik ini untuk meningkatkan peluang diterima jauh lebih tinggi.

Mulailah perjalanan karier yang menjanjikan di Linkedin dengan menekan tombol di bawah ini.


 

Penutup

Setelah melakukan pendaftaran, jangan lupa berdoa. Karena, Anda harus bersaing dengan banyak peserta lain nya.

Relasi dengan orang-orang di dalam dapat memperbesar kemungkinan diterima. Coba tanyakan kepada orang tua kalian, siapa tahu mereka memiliki relasi disana.

Namun, mempunyai relasi orang dalam juga tidak menjamin Anda diterima. Mendaftarkan diri di Volunoid bisa menjadi langkah alternatif yang efektif.

Dengan lowongan magang LinkedIn yang terlengkap di tahun 2024, Anda memiliki kesempatan emas untuk mengembangkan diri Anda secara profesional dan memperoleh wawasan berharga tentang dunia kerja.

Melalui magang di LinkedIn, Anda dapat membangun keterampilan, memperluas jaringan profesional, dan mengoptimalkan profil Anda dalam platform profesional terkemuka ini. Jangan lewatkan kesempatan ini, siapkan lamaran Anda, dan raih pengalaman magang yang berarti di LinkedIn.