Lowongan Magang Grab

Lowongan Magang Grab Untuk Semua Jurusan

Selamat datang para mahasiswa yang sedang menyelesaikan SKS magang! Jika kalian tertarik dengan industri teknologi dan transportasi, ada kabar baik untuk kalian. Kami membuka lowongan magang Grab terlengkap tahun 2024 di semua jurusan.

Grab adalah perusahaan teknologi yang menyediakan layanan transportasi online, pengiriman makanan, dan solusi pembayaran digital. Melalui program magang ini, kalian akan memiliki kesempatan untuk belajar dan berkontribusi dalam salah satu perusahaan teknologi terkemuka di Asia Tenggara. Mari kita jelajahi lebih lanjut tentang kesempatan menarik ini.

 

Apa itu Grab?

Grab adalah platform teknologi yang menyediakan berbagai layanan, termasuk ride-hailing, pengiriman makanan, kurir, dan pembayaran digital. Grab beroperasi di sejumlah negara di Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina. Melalui aplikasi Grab, pengguna dapat dengan mudah memesan layanan transportasi, pesan makanan, mengirim paket, dan melakukan transaksi pembayaran secara digital.

Sayangnya, lowongan magang disini memberlakukan tes seleksi yang sangat ketat. Proses penerimaan magang di Grab cukup kontras dengan Volunoid, yang tidak memerlukan tes seleksi. Hanya satu pelamar yang sukses dari 600 yang mencoba untuk magang di Grab, menunjukkan ketatnya proses seleksi.

Namun, Anda tentu saja masih tertarik untuk menantang diri sendiri dengan melamar magang di Grab, ya kan? Artikel ini dirancang sebagai panduan langkah demi langkah untuk melamar magang di Grab. Jadi, tetaplah membaca nya!

Sebelum beranjak lebih lanjut, ketahui dahulu posisi magang yang sering tersedia disana, sebelum mengirimkan lamaran.

 

Posisi

Posisi Magang yang Tersedia di Grab

Berikut adalah lima posisi magang yang tersedia di Grab untuk mahasiswa tahun 2024:

  • Magang Pengembangan Produk: Terlibat dalam pengembangan dan perbaikan fitur-fitur aplikasi Grab serta pengujian aplikasi.
  • Magang Pemasaran dan Komunikasi: Mendukung tim pemasaran dalam merencanakan kampanye pemasaran, mengelola konten sosial media, dan membangun hubungan dengan mitra bisnis.
  • Magang Analitik Bisnis: Menganalisis data pengguna, tren pasar, dan memberikan wawasan untuk menginformasikan keputusan bisnis.
  • Magang Pengembangan Bisnis: Mendukung tim pengembangan bisnis dalam mencari peluang baru, membangun kemitraan, dan mengembangkan strategi pertumbuhan.
  • Magang Pengalaman Pengguna: Meningkatkan pengalaman pengguna Grab melalui pengumpulan data pengguna, analisis umpan balik, dan perbaikan layanan.

Persyaratan Mahasiswa agar Diterima Magang di Grab

Untuk menjadi peserta magang di Grab, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Berikut adalah persyaratan umum yang biasanya diperlukan:

  • Mahasiswa aktif yang sedang menyelesaikan program sarjana atau diploma dari perguruan tinggi terkemuka di semua jurusan.
  • Kemampuan komunikasi yang baik dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
  • Ketertarikan dan pengetahuan tentang industri teknologi dan transportasi.
  • Kemampuan analitis dan pemecahan masalah yang baik.
  • Kemampuan bekerja dalam tim dan adaptasi terhadap lingkungan kerja yang dinamis.

Kemampuan Personal yang perlu dimiliki untuk magang di Grab

Selain kualifikasi pendidikan dan kemampuan teknis yang terkait dengan bidang tertentu, Grab dan perusahaan sejenisnya juga mencari kemampuan personal yang kuat pada calon magang. Beberapa kemampuan personal yang mungkin menjadi pertimbangan untuk magang di Grab meliputi:

  1. Kemampuan Komunikasi: Mahasiswa yang baik di bidang komunikasi memiliki keunggulan. Ini melibatkan kemampuan untuk menyampaikan ide secara jelas dan efektif, baik secara lisan maupun tertulis. Komunikasi yang baik sangat penting dalam kerja tim dan berinteraksi dengan berbagai pihak.
  2. Kemampuan Beradaptasi: Dunia perusahaan teknologi dapat berubah dengan cepat. Mahasiswa yang dapat beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan lingkungan kerja dan tuntutan proyek memiliki nilai tambah. Fleksibilitas dan keterbukaan terhadap ide-ide baru juga merupakan aspek penting.
  3. Inisiatif dan Keinginan untuk Belajar: Magang di perusahaan seperti Grab memerlukan kemauan untuk terus belajar dan mengembangkan diri. Mahasiswa yang proaktif, memiliki inisiatif, dan selalu mencari cara untuk meningkatkan keterampilan mereka akan lebih bernilai.
  4. Kemampuan Problem Solving: Grab mencari individu yang dapat memecahkan masalah dengan kreatif dan efektif. Mahasiswa yang memiliki kemampuan problem-solving yang baik dapat memberikan kontribusi positif dalam menanggapi tantangan yang mungkin timbul.
  5. Kemampuan Berpikir Analitis: Kemampuan untuk menganalisis data, mengidentifikasi tren, dan membuat keputusan berdasarkan informasi yang ada adalah keterampilan yang sangat dihargai. Mahasiswa yang memiliki kemampuan berpikir analitis dapat membantu perusahaan membuat keputusan yang lebih baik.
  6. Semangat Kewirausahaan: Grab adalah perusahaan yang didirikan di dunia kewirausahaan. Mahasiswa dengan semangat kewirausahaan, yang memiliki ide-ide kreatif dan kemampuan untuk melihat peluang, akan cocok dengan budaya perusahaan ini.
  7. Kemampuan Manajemen Waktu: Magang di perusahaan seperti Grab sering melibatkan proyek-proyek dengan batas waktu tertentu. Kemampuan manajemen waktu yang baik sangat penting agar mahasiswa dapat mengelola pekerjaan mereka dengan efisien dan tetap memenuhi tenggat waktu.
  8. Kemampuan Kerja Tim: Keterampilan kerja tim sangat penting dalam lingkungan kerja yang kolaboratif. Mahasiswa yang dapat bekerja secara efektif dalam tim, mendengarkan dan memberikan kontribusi, akan lebih cocok dengan budaya perusahaan.
  9. Keterampilan Leadership: Meskipun magang umumnya berada di tahap awal karir, kemampuan kepemimpinan tetap dihargai. Mahasiswa yang dapat menginspirasi dan memotivasi sesama anggota timnya, meskipun dalam kapasitas magang, memiliki nilai tambah.
  10. Etika Kerja yang Baik: Grab dan perusahaan sejenisnya menekankan pentingnya etika kerja. Mahasiswa yang memahami nilai-nilai etika kerja, integritas, dan tanggung jawab profesional akan dianggap sebagai aset berharga.

Dalam menulis halaman lowongan magang, pastikan untuk merinci harapan perusahaan terkait kemampuan personal ini dan memberikan contoh konkret dari situasi di mana kemampuan tersebut dapat diaplikasikan.

Jurusan pendidikan yang sering diterima oleh Grab

Perusahaan seperti Grab dapat menerima magang dari berbagai jurusan pendidikan, tergantung pada kebutuhan dan bidang tertentu yang mereka targetkan. Meskipun demikian, beberapa jurusan pendidikan yang sering diterima untuk magang di perusahaan teknologi seperti Grab melibatkan bidang-bidang berikut:

  1. Teknik Informatika / Teknik Komputer: Magang dari jurusan Teknik Informatika atau Teknik Komputer sangat umum di perusahaan teknologi seperti Grab. Mereka dapat terlibat dalam pengembangan perangkat lunak, pemrograman, keamanan informasi, dan bidang teknologi lainnya.
  2. Ilmu Komputer: Mahasiswa dengan latar belakang Ilmu Komputer juga sangat dicari untuk magang di bidang pengembangan perangkat lunak, analisis data, dan kecerdasan buatan.
  3. Manajemen Bisnis / Bisnis Teknologi: Jurusan seperti Manajemen Bisnis atau Bisnis Teknologi dapat menjadi nilai tambah, terutama untuk peran-peran di bidang manajemen proyek, pengembangan bisnis, dan strategi.
  4. Sistem Informasi: Mahasiswa Sistem Informasi memiliki pemahaman yang kuat tentang integrasi teknologi informasi dalam suatu organisasi, dan mereka dapat berkontribusi dalam pengembangan sistem dan manajemen data.
  5. Pemasaran / Komunikasi Bisnis: Magang dengan latar belakang pemasaran atau komunikasi bisnis dapat ditempatkan di departemen pemasaran Grab, terlibat dalam promosi, strategi branding, dan kampanye pemasaran.
  6. Desain Produk / Desain Grafis: Mahasiswa dengan keahlian dalam desain produk atau desain grafis dapat berkontribusi pada pengembangan antarmuka pengguna (UI/UX) atau aspek desain produk lainnya.
  7. Ekonomi / Keuangan: Jurusan Ekonomi atau Keuangan dapat diterima untuk peran di bidang analisis data keuangan, perencanaan keuangan, dan pengelolaan keuangan perusahaan.
  8. Hukum: Mahasiswa hukum mungkin diterima untuk magang di departemen hukum Grab, terlibat dalam pemahaman regulasi, perjanjian kontrak, dan kepatuhan hukum.
  9. Psikologi / Sumber Daya Manusia: Bagi perusahaan seperti Grab, aspek manusia juga penting. Mahasiswa Psikologi atau Sumber Daya Manusia dapat ditempatkan di departemen SDM atau peran yang melibatkan manajemen karyawan.
  10. Transportasi / Logistik: Mahasiswa dengan latar belakang dalam bidang transportasi atau logistik mungkin dicari untuk peran-peran terkait operasional dan logistik.
  11. Ilmu Data / Analisis Data: Dengan meningkatnya fokus pada analisis data, mahasiswa dengan latar belakang Ilmu Data atau Analisis Data dapat memiliki peluang magang di bidang analisis data dan kecerdasan buatan.

Program magang di Grab lebih sering menawarkan posisi kepada pelajar dari jurusan pendidikan tertentu. Sangat berbeda dengan perusahaan Volunoid kami, yang menerima hampir semua jurusan.

Apabila jurusan perkuliahan Anda tidak sesuai dengan posisi yang tersedia diatas, maka kecil kemungkinan untuk bisa diterima. Ini bukan berarti peluang Anda sepenuhnya hilang, mencoba masih bisa mencoba peruntungan disini.

Mohon periksa posisi magang yang disebutkan di atas dengan hati-hati. Sesuaikan bidang studi Anda saat ini dengan posisi yang ada untuk mengetahui seberapa besar kemungkinan Anda diterima.

 

Benefit

Manfaat yang Bisa Didapatkan dengan Magang di Grab

Magang di Grab memberikan sejumlah manfaat berharga bagi para peserta. Kalian akan mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang industri teknologi dan transportasi, serta memperluas pengetahuan tentang pengembangan produk, pemasaran digital, analitik bisnis, dan pengalaman pengguna. Melalui magang ini, kalian juga dapat memperluas jaringan kontak di industri teknologi yang terus berkembang.

Keterampilan yang Bisa Didapatkan dengan Melakukan Magang di Grab

Melalui magang di Grab, kalian akan mengembangkan sejumlah keterampilan berharga. Beberapa di antaranya meliputi:

  • Kemampuan analitis dalam menganalisis data dan menghasilkan wawasan yang berharga.
  • Keterampilan komunikasi dan pemasaran dalam mempromosikan produk dan layanan.
  • Pemahaman tentang strategi bisnis dan pengembangan produk di industri teknologi.
  • Kemampuan bekerja dalam tim dan beradaptasi dengan lingkungan kerja yang dinamis.
  • Keterampilan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan yang efektif.

Magang di sini juga bermanfaat untuk menyediakan dokumen yang esensial guna memenuhi syarat kredit magang di tempat belajar Anda. Dokumen yang akan diberikan termasuk sertifikat, surat keterangan bahwa Anda telah menyelesaikan magang di Grab, dan formulir penilaian.

Setelah menyelesaikan magang, Anda akan mendapatkan dokumen-dokumen ini biasanya dalam kurun 1 hingga 4 minggu. Sedangkan di Volunoid, pengurusan dokumen magang berlangsung jauh lebih cepat, biasanya hanya memerlukan waktu 1 hingga 2 hari setelah peserta dinyatakan selesai.

 

Cara Melamar Lowongan Magang Grab

Cara melamar magang di Grab memang sangat berlainan dibandingkan dengan pendaftaran magang di Volunoid. Anda mungkin harus pergi ke kantor Grab untuk mengajukan lamaran dan harus menunggu sangat lama untuk mendapatkan informasi.

Cukup berbeda dengan Volunoid yang menawarkan proses pendaftaran magang sangat singkat, kurang dari 1 menit, dengan kemungkinan diterima segera.

Untuk melamar lowongan magang Grab, kalian dapat men Di sana, kalian akan menemukan informasi tentang lowongan magang yang tersedia beserta persyaratan dan petunjuk pengiriman lamaran. Pastikan untuk melengkapi semua dokumen yang diminta, termasuk CV, surat lamaran, dan portofolio jika diperlukan.

Cara Umum (Paling Cepat)

  • Kunjungi situs web resmi Grab di www.grab.com dan mencari bagian “Karir” atau “Lowongan Magang”.
  • Temukan kategori atau bagian yang sesuai dengan minat dan keterampilan Anda.
  • Pastikan untuk membaca persyaratan dan kualifikasi yang diperlukan untuk magang tersebut.
  • Jika belum memiliki akun buat akun Grab di situs Grab.
  • Isi formulir lamaran yang biasanya terdapat di situs web.
  • Unggah dokumen pendukung seperti CV, surat lamaran, transkrip nilai, dan portofolio (jika diperlukan).
  • Setelah semua formulir dan dokumen terisi dengan baik, kirimkan lamaran Anda.
  • Setelah mengirimkan lamaran, Anda perlu bersabar menunggu balasan dari tim rekrutmen Grab.
  • Jika Anda diundang untuk wawancara, persiapkan diri dengan baik.
  • Ikuti proses seleksi dengan baik dan tunjukkan minat serta motivasi Anda untuk bergabung dengan Grab.

Mengirimkan Email Lamaran

Terkait dengan langkah-langkah mengirimkan email lamaran untuk melamar magang di Grab, berikut adalah panduan umum yang dapat diikuti:

  1. Persiapkan Dokumen Lamaran: Buat dokumen lamaran yang lengkap, termasuk surat lamaran dan CV yang mencakup informasi pribadi, pendidikan, pengalaman kerja (jika ada), dan keterampilan yang relevan.
  2. Buat Alamat Email yang Profesional: Jika Anda belum memiliki alamat email profesional, buat satu yang mencerminkan identitas profesional Anda. Hindari penggunaan alamat email yang terlalu informal atau lucu.
  3. Tujuan Email yang Jelas: Gunakan subjek email yang jelas dan deskriptif, seperti “Lamaran Magang di [Nama Posisi] – [Nama Anda]”. Hal ini membantu memudahkan tim rekrutmen untuk mengidentifikasi tujuan email Anda.
  4. Isi Tubuh Email dengan Ringkas dan Menarik: Tulis pesan pengantar yang singkat namun menarik di tubuh email. Sertakan informasi mengenai minat Anda terhadap Grab, alasan Anda memilih magang di perusahaan ini, dan keterampilan atau proyek-proyek yang relevan.
  5. Lampirkan Dokumen Lamaran: Lampirkan dokumen lamaran lengkap, yaitu surat lamaran dan CV, sebagai file terlampir. Pastikan nama file jelas dan deskriptif.
  6. Tuliskan Kalimat Penutup dan Kontak: Sertakan kalimat penutup yang menunjukkan rasa terima kasih atas perhatian mereka dan ungkapkan harapan Anda untuk mendapatkan kesempatan wawancara. Jangan lupa menyertakan informasi kontak Anda.
  7. Periksa Kembali Semua Informasi: Sebelum mengirimkan email, pastikan untuk memeriksa kembali semua informasi yang Anda sertakan, termasuk ejaan, tata bahasa, dan file terlampir.
  8. Kirim Email ke Alamat yang Tepat: Pastikan Anda mengirimkan email ke alamat yang benar dan relevan, biasanya alamat yang disediakan di situs resmi Grab untuk penerimaan magang.
  9. Tunggu Konfirmasi Penerimaan Email: Setelah mengirimkan email, tunggu konfirmasi bahwa email Anda telah diterima. Jika ada petunjuk lebih lanjut dalam proses pendaftaran, pastikan untuk mengikuti petunjuk tersebut.
  10. Pantau dan Tanggapi dengan Cepat: Pantau kotak masuk email Anda dengan cermat. Jika Anda mendapatkan tanggapan atau undangan untuk wawancara, tanggapi dengan cepat dan ikuti proses seleksi lebih lanjut.

Pastikan untuk menyesuaikan pesan dan dokumen lamaran Anda sesuai dengan posisi magang yang Anda lamar. Keseluruhan, tampilkan profesionalisme, antusiasme, dan ketertarikan Anda terhadap magang di Grab dalam setiap tahap komunikasi.

Datang Langsung ke Kantor

Melamar secara langsung atau datang langsung ke kantor Grab merupakan langkah yang cukup berani dan dapat memberikan kesan positif kepada tim rekrutmen. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti jika seseorang memutuskan untuk melamar langsung di kantor Grab:

  1. Pahami Lokasi Kantor: Pastikan Anda mengetahui lokasi tepat kantor Grab yang ingin Anda kunjungi. Periksa alamat kantor dan pastikan Anda memiliki informasi yang cukup untuk sampai ke sana.
  2. Pakaian Profesional: Kenakan pakaian yang profesional dan sesuai dengan budaya perusahaan. Penampilan yang rapi dan profesional dapat memberikan kesan yang baik kepada tim rekrutmen.
  3. Bawa Dokumen Lamaran: Persiapkan salinan dokumen lamaran Anda, seperti surat lamaran, CV, dan portofolio (jika diperlukan). Pastikan dokumen-dokumen tersebut rapi dan siap untuk diserahkan.
  4. Periksa Waktu Kunjungan: Pastikan Anda datang pada waktu yang tepat. Jangan datang terlalu pagi atau terlambat. Jika mungkin, cari tahu waktu-waktu yang paling baik untuk kunjungan langsung.
  5. Buat Rencana Pertemuan (Opsional): Meskipun kunjungan langsung biasanya bersifat informal, jika Anda memiliki kontak di dalam perusahaan atau telah berkomunikasi sebelumnya dengan seseorang dari tim rekrutmen, Anda dapat mencoba membuat janji pertemuan singkat.
  6. Berbicara dengan Resepsionis: Setibanya di kantor, berbicaralah dengan resepsionis atau staf keamanan. Beritahu mereka bahwa Anda datang untuk melamar magang dan minta arahan lebih lanjut.
  7. Hormati Prosedur Perusahaan: Ikuti petunjuk yang diberikan oleh staf kantor. Beberapa perusahaan mungkin memiliki prosedur khusus untuk penerimaan tamu atau pencari kerja yang datang langsung.
  8. Berbicara dengan Tim Rekrutmen (Jika Memungkinkan): Jika Anda memiliki kesempatan untuk berbicara langsung dengan anggota tim rekrutmen atau HR, sampaikan niat Anda untuk melamar magang. Jelaskan dengan singkat mengapa Anda tertarik bekerja di Grab.
  9. Tanyakan Proses Selanjutnya: Jika memungkinkan, tanyakan mengenai proses selanjutnya setelah mengirimkan lamaran secara langsung. Ini dapat memberikan Anda pemahaman lebih lanjut mengenai tahapan seleksi.
  10. Tinggalkan Jejak Positif: Pastikan untuk meninggalkan kesan positif. Berbicaralah dengan sopan, tunjukkan antusiasme Anda, dan terima kasih kepada staf yang membantu.
  11. Pantau Email dan Komunikasi Selanjutnya: Meskipun Anda datang langsung, proses seleksi selanjutnya kemungkinan besar akan melibatkan komunikasi melalui email atau telepon. Pantau kotak masuk email Anda dengan cermat dan tanggapi setiap instruksi atau undangan yang diberikan oleh tim rekrutmen.

Terdapat kesamaan proses pendaftaran magang di Grab dengan yang ada di Volunoid. Perbedaannya, di sini Anda perlu menyiapkan CV dan dokumen pendidikan seperti ijazah, KK, dan KTP.

Untuk mendaftar di Volunoid, Anda hanya perlu menggunakan email, tanpa langkah tambahan. Tidak ada kebutuhan untuk mengurus administrasi yang kompleks.

 

Informasi Penting

Tips Agar Diterima

Berikut beberapa tips agar diterima dalam lowongan magang Grab:

  • Tunjukkan minat dan pengetahuan yang kuat tentang industri teknologi dan transportasi.
  • Tampilkan kreativitas dan kemampuan komunikasi yang baik dalam surat lamaran dan wawancara.
  • Sertakan contoh konkret dari pengalaman atau proyek yang relevan dalam bidang teknologi atau transportasi.
  • Tunjukkan antusiasme dan semangat untuk berkontribusi dalam pengembangan produk atau pemasaran digital.
  • Jaga keberanian dan percaya diri dalam menghadapi tantangan dan beradaptasi dengan lingkungan kerja yang dinamis.

Alternatif Selain Magang di Grab

Meskipun magang di Grab memberikan banyak pelajaran berharga, ada juga opsi lain yang patut Anda pertimbangkan. Magang di Bibit dan Female Daily juga menawarkan kesempatan mendalam untuk memahami peran dalam sektor Start-up.

Anda akan memiliki kesempatan untuk berkolaborasi dengan para profesional berpengalaman dan mengenal tantangan yang mereka jumpai di tempat kerja dengan jenis lain.

Pilihan Lowongan Magang di Start-up Lain

Meski Anda saat ini tertarik untuk magang di Grab, perlu dipertimbangkan bahwa mereka tidak selalu membuka lowongan magang. Jadi, pertimbangan bijak adalah memasukkan Start-up lain sebagai pilihan alternatif untuk magang Anda.

Ingatlah bahwa Grab termasuk dalam kategori Start-up. Anda dapat mengeksplorasi peluang magang di Start-up lain melalui halaman Lowongan Magang Start-up yang ada pada website kami, jika Grab belum membuka lowongan.

 

Gunakan Tes Simulasi Masuk ke Grab

Kami menyediakan solusi peningkatan peluang diterima, yang cocok bagi Anda yang berkeinginan bergabung dengan Grab.

Tes simulasi untuk Start-up dari kami dirancang untuk mengasah kemampuan Anda secara menyeluruh dan memperbesar peluang diterima di Grab.

Tes yang dilakukan untuk masuk ke Grab cenderung memiliki kemiripan dengan tes di Start-up, mengingat Grab adalah variasi dari Start-up.

Jangan kehilangan kesempatan berharga ini untuk memperkuat meningkatkan peluang diterima masuk.

Tekan tombol di bawah dan ambillah langkah pertama menuju karier gemilang di Grab.


 

Penutup

Setelah Anda menyelesaikan proses pendaftaran, ingatlah untuk meluangkan waktu sejenak berdoa. Mengingat jumlah peserta yang banyak, persaingan Anda akan intens.

Hubungan dengan seseorang di dalam dapat membuka pintu peluang. Orang tua Anda mungkin memiliki relasi yang bisa membantu dalam proses seleksi Anda.

Terlepas dari adanya kenalan di dalam, tidak ada jaminan pasti untuk diterima. Volunoid menawarkan jalur mudah untuk mereka yang mencari pengalaman magang.

Dengan lowongan magang Grab terlengkap di semua jurusan, kalian memiliki kesempatan emas untuk merasakan dunia industri teknologi dan transportasi.

Melalui program magang ini, kalian akan mendapatkan pengalaman praktis, pemahaman industri, dan keterampilan yang berharga dalam bidang teknologi. Jangan lewatkan kesempatan ini! Segera kunjungi situs web Grab dan mulailah mengirimkan lamaran magang untuk tahun 2024.