Pengalaman Magang Sebagai Jurnalis

Pengalaman Magang Sebagai Jurnalis

Dalam artikel “Pengalaman Magang Sebagai Jurnalis,” kami akan menghadirkan pandangan mendalam tentang pengalaman magang di dunia jurnalistik. Namun, apa yang menjadikan artikel ini istimewa adalah bahwa cerita ini dibangun berdasarkan data hasil survei yang kami lakukan di Volunoid.

Melalui wawancara langsung dengan individu yang menjalani magang sebagai Jurnalis, kami mampu menghadirkan cerita yang autentik dan relevan. Artikel ini kami hadirkan dengan keyakinan bahwa setiap aspek pengalaman yang dibagikan didukung oleh bukti nyata.

Anda dapat menemukan bukti tersebut secara terperinci di bagian akhir artikel.

Permulaan Cerita Popita

Memasuki semester keempat pada tahun 2020, Popita memulai magangnya di sebuah perusahaan PT selama dua bulan. Mengambil langkah besar dari bangku kuliah menuju ke dunia jurnalistik nyata, ia merasa sedikit terkejut dengan tantangan-tantangan yang dihadapinya.

Walaupun merasa terkejut dan menemui beberapa hambatan, Popita menemukan banyak hal positif selama magangnya. Ia diberi kesempatan untuk meliput berita sebagai wartawan, mengedit, bahkan mencoba menjadi dubber. Setiap hari ia sibuk, mulai dari meliput, mengedit, hingga mengirim file.

Dalam hal fasilitas, perusahaan menyediakan mess bagi para karyawan magang dan komputer untuk keperluan editing. Namun, di sisi lain, ia tidak menerima uang pesangon kecuali saat diberi tugas menjadi wartawan.

Popita benar-benar menghargai kesempatan yang diberikan oleh perusahaan untuk terjun langsung ke lapangan. Menurutnya, hal ini memungkinkannya untuk memahami betul dunia kerja, bukan sekadar menjadi pengamat.

Selama berada di sana, Popita mendapatkan sambutan hangat dari karyawan lain. Mereka memberikan dukungan dan membantunya beradaptasi dengan lingkungan kerja. Administrasi pendaftaran magang terbilang mudah dan ia bahkan mendapatkan surat penerimaan magang dalam waktu kurang dari 24 jam.

Popita mengingatkan para mahasiswa tentang pentingnya etika kerja. Baginya, memutuskan untuk keluar dari magang tanpa pamit bukanlah tindakan yang bijaksana. Ini bisa mempengaruhi reputasi individu dan mengurangi nilai dari waktu dan upaya yang telah dikeluarkan.

Sebagai pesan terakhir, Popita mengajak mereka yang belum pernah magang untuk mencobanya. Menurutnya, magang adalah jembatan antara dunia perkuliahan dan dunia kerja nyata. Dengan magang, seseorang dapat merasakan langsung bagaimana atmosfer dan dinamika dunia kerja.

CATATAN:

Cerita pengalaman magang ini dibuat dari hasil survey wawancara langsung, kepada mahasiswa yang ada di kota Semarang. Data hasil survey ini, kami taruh di bagian bawah ini.

Baca selengkapnya mengenai hasil survey final atas kegiatan ini, dan kesimpulan subjektif atas survey yang dilakukan disini: Survey Kegiatan Magang oleh Perusahaan Volunoid.

 

Hasil survey pengalaman magang sebagai Jurnalis

Pendahuluan (Ucapan terimakasih)

Terimakasih yang sangat banyak kami ucapkan kepada sdr. Popita Nilam, yang telah memberikan informasi mengenai pengalaman magang nya. Sdr Popita adalah seorang mahasiswa jurusan Broadcast. Ketika melakukan magang, ybs berada di Semester 6.

Kode dokumen: 05

Jawaban responden

1. Apakah pernah magang?. pernah
2. Semester ketika magang 4
3. Tahun melakukan magang?. 2020
4. Lama magang?. 2 bulan
5. Perusahaan berbentuk apa? PT

 

6. Hal yang tidak disukai ketika magang Kaget dengan tantangan baru dan cukup ribet.
7. Hal yang disukai ketika magang Mendapat pengalaman baru, suasana baru serta teman-teman baru yang menyambut dengan baik. Bisa mengaplikasikan apa yang selama ini dipelajari.
8. Apakah mendapatkan uang pesangon? Tidak mendapat. Mendapatkan jika sedang menjadi wartawan.
9. Fasilitas apa saja yang didapatkan?. Mess, komputer untuk editing.
10. Apa yang dikerjakan? Wartawan, editor, dubber.

 

11. Apa yang dilakukan setiap hari nya? Meliput berita, mengedit, dan mengirim file.
12. Apakah setiap hari sering tidak ada pekerjaan? Setiap hari ada pekerjaan yang dilakukan.
13. Apakah prosedur kerja nya lengkap? Lengkap. Tidak terlalu mengikat namun jelas.
14. Apakah benar- benar diberi kesempatan memegang aktivitas kerja, atau hanya sekedar melihat/ membantu ringan? Benar-benar diberi kesempatan melakukan aktivitas kerja secara nyata karena benar-benar turun ke lapangan ketika menjadi wartawan.
a Menurut Anda, apakah tepat/ kurang tepat, keputusan perusahaan yang tidak memberikan kesempatan kepada peserta magang untuk tidak memegang aktivitas kerja secara nyata?. Kurang tepat. Seharusnya, perusahaan tempat magang mempekerjakan peserta magang dengan serius agar mengerti dunia kerja.
15. Bagaimana respon/ pandangan karyawan, ketika magang disana? Respon karyawan baik terhadap anak magang.
16. Berapa kali ditolak magang, atau gagal mencari tempat magang? Belum pernah ditolak tempat magang.
17. Kepengurusan administrasi ketika mendaftar? Mudah, tidak ribet dan tidak membutuhkan banyak berkas. Menerima surat diterima magang kurang dari 1×24 jam.
18. Pengurusan administrasi setelah selesai magang? Mudah. Penerimaan dokumen magang kurang lebih 1 minggu.
19. Darimana mendapatkan informasi tempat magang? Teman.
20. Ketika magang, apakah ingin cepat- cepat selesai, atau ingin terus disana?, atau biasa saja?. Berikan alasan nya. Ingin cepat selesai karena masih banyak kerjaan yang harus diselesaikan.
21. Bagaimana respon Anda atas orang yang keluar magang tanpa pamit? Kurang sopan. Masuk dengan baik-baik harus keluar dengan baik pula. Sia-sia jika sudah melakukan magang kuranglebih 1 bulan lalu keluar maka tidak akan mendapatkan sertifikat, serta sia-sia waktu yang telah dipakai.
22. Ada yang ingin disampaikan untuk orang yang belum pernah magang? Kuliah tujuannya mendapatkan ilmu dan kerja. Magang merupakan uji coba untuk bekerja. Untuk tahu bagaimana suasana dunia kerja yang sebenarnya. 

 

Tampilan Data lain

Video

Audio

Audio Button - Pengalaman Magang Sebagai Jurnalis

Dokumen

Bila Anda ingin melihat detail data hasil survey magang ini, silahkan cek dibawah ini.

Document Button - Pengalaman Magang Sebagai Jurnalis

 

Catatan Kaki

Pengalaman Magang di Lokasi lain

  1. Pengalaman Magang Sebagai Web Developer
  2. Pengalaman Magang Sebagai Mobile Apps Developer
  3. Pengalaman Magang Sebagai Assistant Manager
  4. Pengalaman Magang Sebagai Programmer
  5. Pengalaman Magang Sebagai Jurnalis
  6. Pengalaman Magang Sebagai Apoteker
  7. Pengalaman Magang Sebagai Business Development
  8. Pengalaman Magang Sebagai Content Creator
  9. Pengalaman Magang Sebagai Administrator
  10. Pengalaman Magang Sebagai Projects Management
  11. Pengalaman Magang Sebagai Akunting dan Admin
  12. Pengalaman Magang Sebagai Product Development
  13. Pengalaman Magang Sebagai Web Programmer
  14. Pengalaman Magang Sebagai Staff Manager
  15. Pengalaman Magang Sebagai Staff Assistant

Data Survey

NAMA RESPONDEN
Nama Panggilan: Popita
Universitas Universitas Dian Nuswantoro
Semester 6
Jurusan Broadcast

 

NAMA RESPONDEN
Universitas Universitas Dian Nuswantoro
Semester 6
Jurusan Broadcast
Akreditasi Jurusan B

 

SURVEYOR
Nama: Shafira
Email: [email protected]

 

TEMPAT KEJADIAN
Lokasi Kantor Utama PT. Alter Teknologi Indonesia secara Virtual
Tanggal 20 Maret 2021
Waktu 14.12
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments